Jumat, 06 April 2012

Review Novel 99 Cahaya Langit Eropa


Review Novel 99 Cahaya Langit Eropa

Judul : 99 Cahaya Langit Eropa
Penulis : Hanum Salsabiela Rais
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman :392


Eropa bukan sekedar Eiffel atau Colosseum, bukan sekedar Tembok Berlin, Eropa adalah sejuta misteri tentang sebuah peradaban yang sangat luhur, Peradaban Cahaya yang pernah memayungi dunia




Novel 99 Cahaya Langit Eropa , perjalanan menapak jejak islam di Eropa merupakan salah satu koleksi novel baru yang saya dapatkan. Novel yang di tulis oleh hanum Salsabiela Rais anak dari Amien rais.

Pada awalnya saya tidak mempunyai alasan kenapa harus memilih novel ini, namun  yang pasti dari sinopsis dan yang dipaparkan pada backcover novel ini, seakan memberikan suatu sensasi baru yang akan menambah cakrawala pengetahuan bagi pembacanya. saya baru membaca bagian awal dari novel ini, dan seolah dibawa untuk kembali ke masa dahulu untuk menapaki jejak – jejak petualangan Ibnu Batutah, kedalaman analisa Ibnu Kholdun serta jejak ilmu Ibnu Rusyd, dan masa – masa ketika universited cordova menjadi mercusuar ilmu pengetahuan, sumber peradaban.

Aku mengucek – ucek mata. Lukisan Bunda Maria dan Bayi Yesus itu terlihat biasa saja. Jika sedikit lagi saja hidungku menyentuh permukaan lukisan, alarm di Museum Louvre akan berdering – dering. Aku menyerah. Aku tidak bisa menemukan apa yang aneh pada lukisan itu.

“Percaya atau tidak, pinggiran hijab Bunda Maria itu bertahtakan kalimat tauhid Laa illaha illallah, hanum,” ungkap Marion akhirnya.


Apa yang anda bayangkan jika mendengar “Eropa”? Eiffel? Colosseum? San Siro? Atau Tembok Berlin?

Bagi saya, Eropa adalah sejuta misteri tentang sebuah peradaban yang sangat luhur, peradaban tentang keyakinan saya, Islam.

Buku ini bercerita tentang perjalanan sebuah “pencarian”. Pencarian 99 cahaya kesempurnaan yang pernah dipancarkan Islam di benua ini.

Dalam perjalan itu saya bertemu dengan orang-orang yang mengajari saya, apa itu Islam rahmatan lil alamin. Pejalanan yang mempertemukan saya dengan para pahlawan Islam pada masa lalu. Perjalan yang merengkuh dan mendamaikan kalbu dan keberadaan diri saya.

Pada akhirnya, dibuku ini Anda akan menemukan bahwa Eropa tak sekedar Eiffel atau Colosseum. Lebih…sungguh lebih daripada itu.

Sekian pembaca, semoga review singkat ini dapat memberikan suatu informasi yang bermanfaat, sebagai petimbangan bagi teman – teman sekalian yang ingin menambah koleksi bacaan yang inspiratif. 



Tags: Review  99 Cahaya di Langit Eropa, Catatan 99 Cahaya di Langit Eropa ,Novel Islami , Novel Sejarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar...