Selasa, 29 November 2011

Rangkaian sensor suhu | Sensor suhu dengan Thermistor

Thermistor merupakan salah satu sensor suhu yang sangat mudah untuk digunakan, karakteristik dari thermistor ini ialah thermistor akan berubah resistansinya / tahanannya ketika terjadi perubahan suhu disekitarnya.

Dengan karakteristik seperti itu, dengan menggunakan prinsip pembagi tegangan dalam merancang suatu sensor sederhana, dapat dibaca perhitungannya di artikel saya sebelumnya Prinsip Dasar Rangkaian Sensor >> Rangkaian Sensor dengan Pembagi Tegangan. kita dapat merancang dan membuat rangkaian pendeteksi suhu.

Berikut rangkaian sensor suhu

Rangkaian sensor suhu | Sensor suhu dengan Thermistor
Komponen yang digunakan pada rangkaian sensor suhu diatas
  1. Baterry
  2. Thermistor
  3. Variabel reesistor
  4. Transistor NPN 2N2222
  5. Relay
  6. Led 2 Buah
Penjelasan rangkaian sensor suhu
Ketika thermistor mendeteksi kenaikan suhu maka resistansi thermistor akan mengecil dan ketika resistansi thermistor lebih kecil dari resistansi variabel resistor sebagai pembagi tegangannya maka akan ada arus yang mengalir ke basis transistor, ketika itu juga relay akan aktif dan led merah [ sebagai indikator panas akan aktif] sebaliknya jika suhu yang dideteksi thermistor kecil maka resistansi pada thermistor akan menjadi besar, dan ketika resistansi thermistor lebih besar dari pembagi tegangannya dalam rangkaian kali ini variabel  resistor maka tidak akan ada arus yang mengalir ke basis transistor, relay tidak aktif dan led hijau [ sebagai indikator suhu tidak panas aktif ].

Rangkaian sensor suhu, ketika suhu panas
Rangkaian sensor suhu, ketika suhu panas
Rangkaian sensor suhu, ketika suhu tidak panas

13 komentar:

  1. tolonglah buatkan rangkaian lampu merah yg dijalan-jalan (flip-lop)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suah pernah dibuat bro, Pake rangkaian konvensional, pake PLC, atau juga pake visual basic, di search aja di artikel sebelumnya

      Hapus
  2. itu nilai hambatan thermistor sama RL1 berapa

    BalasHapus
  3. maaf mengganggu saya hanya ingin berbagi artikel yang berkaitan tentang Deteksi Suhu
    berikut linknya :
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3410/1/pemanas%20dengan%20sistem%20pendeteksi%20suhu%20otomatis%20dan%20pengaman%20kebocoran%20panas.pdf
    semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  4. mas itu relay yg brp volt?

    BalasHapus
  5. masss , , , punten, kasi tau mas penting, mas make simulator softwarenya apa?
    kaya bikin gambar diatas tuh , masalahnya aku make multisim gak ada suhu thermistornya,,
    tolong jawab mas,penting,,,

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas r yanuar.. software yg dipakai itu kalo gk salah namanya Live Wire .coba aja searching &download di google .

      Hapus
  6. tks
    ada aplikasi yg lain tp sederhana

    BalasHapus
  7. bang tolong dong itu disetiap gambar komponennya dikasih nilai2nya biar saya ngerti.. saya masih belum paham

    BalasHapus
  8. Makasih min, ngebantu banget buat belajar sistem instrumentasi (y)

    BalasHapus
  9. lumayan buat tambah tambah tugas kuliah thanks bro :)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar...

Cari Artikel dan Tulisan
review http://all-thewin.blogspot.com/ on alexa.com Science Blogs Page Rank blogging tips

Berlangganan Artikel

Masukkan Email anda untuk berlangganan artikel terbaru:

Mari Berteman