Senin, 14 November 2011

Parallel Port


Arti istilah Port dianggap berkaitan erat dengan komputer jaringan, istilah ini dianggap sebagai sebuah kanal dalam sistem komunikasi. Biasanya port ini diberi nomor logic. Port adalah tempat, saluran, tujuan. Suatu alat yang dapat digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peripheral lainnya. Interface yang memungkinkan sebuah PC dapat mengirimkan atau menerima informasi ke atau dari piranti external, seperti printer atau modem. Sebuah PC umumnya terdiri dari port serial, paralel dan beberapa port USB.
Port Parallel banyak digunakan dalam berbagai macam aplikasi Interface. Port ini membolehkan kita memiliki masukan hingga 8 bit atau keluaran hingga 12 bit pada saat yang bersamaan dengan hanya membutuhkan sedikit rangkaian eksternal sederhana untuk melakukan suatu tugas tertentu.
Port Parallel ini terdiri dari :

a. 4 Jalur Kontrol.
b. 5 Jalur Status.
c. 8 Jalur Data.
Port paralel atau port printer sebenarnya terdiri dari tiga bagian yang masing-masing diberi nama sesuai dengan tugasnya dalam melaksanakan pencetakan pada printer. Tiga bagian tersebut adalah Data Port (DP), Printer Control (PC), dan Printer Status (PS). DP digunakan untuk mengirimkan kode-kode kontrol dari komputer ke printer, misalkan kode kontrol untuk menggulung kertas, dan PS digunakan untuk mengirimkan kode-kode status printer ke komputer, misalnya untuk menginformasikan bahwa kertas telah habis.
DP, PC, dan PS sebenarnya adalah port-port 8 bit, namun hanya DP yang benar-benar 8 bit. Untuk PC dan PS, hanya beberapa bit saja yang dipakai yang berarti hanya beberapa bit saja dari port-port ini yang dapat kita manfaatkan untuk keperluan interfacing. Port PC adalah port baca atau tulis (read atau write), PS adalah port baca saja (read only), sedangkan port DP adalah port baca atau tulis juga. Akan tetapi, kemampuan ini hanya dimiliki oleh Enhanced Paralel Port (EPP), sedangkan port paralel standar hanya memiliki kemampuan tulis saja. Pada EPP, pengaturan arah jalur data DP dilakukan lewat bit 5 PC. Jika bit 5 PC bernilai 0, maka jalur data dwi-arah DP menjadi output dari port paralel, sebaliknya jika bit 5 PC bernilai 1 maka jalur data dwi-arah DP menjadi input dari port paralel.

Gambar konfigurasi slot DB-25 female

Gambar konfigurasi slot DB-25 female

Untuk lebih jelas, kita dapat melihat konfigurasi slot DB-25 female yang terdapat pada belakang komputer pada gambar , dan untuk konfigurasi dari DP, PC, dan PS pada tabel .




Tabel  Konfugirasi pin dan nama sinyal konektor paralel standar DB-25

Konfugirasi pin dan nama sinyal konektor paralel standar DB-25

Keluaran dari port parallel adalah keluaran TTL, sedangkan arus Sink / Source bervariasi antara port parallel satu dengan yang lainnya. Berdasarkan data sheet kemampuan arus Sink / Source bermacam – macam

• Sink / Source 6mA
• Source 12mA Sink 20mA
• Sink 16mA Source 4mA
• Sink / Source 12Ma

Untuk dapat menggunakan port paralel, kita harus mengetahui alamatnya. Base address LPT1 biasanya adalah 888 (378h) dan LPT2 biasanya (278h). Alamat tersebut adalah alamat yang umumnya digunakan, tergantung dari jenis komputer. Tepatnya kita bisa melihat pada peta memori tempat menyimpan alamat tersebut, yaitu memori 0000.0408h untuk base address LPT1 dan memori 0000.040Ah untuk base address LPT2.
Setelah kita mengetahui alamat dari port paralel, maka kita dapat menentukan alamat DP, PC, dan PS. Alamat DP adalah base address dari Port Paralel tersebut. Alamat PS adalah base address + 1, dan alamat PC adalah base address + 2. Tabel 2. adalah tabel alamat masing-masing port yang umumnya digunakan.


Tabel Alamat Register Port Paralel 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar...

Cari Artikel dan Tulisan
review http://all-thewin.blogspot.com/ on alexa.com Science Blogs Page Rank blogging tips

Berlangganan Artikel

Masukkan Email anda untuk berlangganan artikel terbaru:

Mari Berteman