Selasa, 01 November 2011

Sensor Cahaya >> Sensor Photodioda

Fotodioda adalah jenis photodetektor mampu mengubah cahaya menjadi arus atau tegangan baik, tergantung pada modus operasi.
Salah satu komponen arus balik di dalam dioda adalah aliran pembawa-pembawa minoritas. Pembawa ini ada karena energi termal terus mengeluarkan elektron-elektron valensi dari orbit-orbitnya, menghasilkan elektron bebas dan lubang dalam proses tersebut. Umur pembawa minoritas ini pendek, tapi bila ada mereka dapat menambah arus balik.
Bila energi cahaya menghujani persambungan pn, ia juga dapat mengeluarkan elektron-elektron valensi. Dengan perkataan lain, jumlah cahaya yang menghujani persambungan pn dapat mengendalikan arus balik di dalam dioda.  Fotodioda adalah suatu alat yang dibuat untuk berfungsi paling baik berdasarkan kepekaannya terhadap cahaya. Pada dioda ini sebuah jendela memungkinkan cahaya untuk masuk melalui pembungkus dan mengenai persambungan. Cahaya yang datang menghasilkan elektron bebas dan lubang. Makin kuat cahayanya, makin banyak jumlah pembawa minoritas dan makin besar arus baliknya, arus balik tersebut besarnya sedikit puluhan mikroampere.
 
 Sensor Cahaya, Sensor Photodioda

simbol photodioda
 Sensor Cahaya, Sensor Photodioda
Bentuk fisik photodioda

Sensor Cahaya,Sensor Photodioda

1 komentar:

  1. artikel tentang sensor proxymitty dengan datasheet

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar...

Cari Artikel dan Tulisan
review http://all-thewin.blogspot.com/ on alexa.com Science Blogs Page Rank blogging tips

Berlangganan Artikel

Masukkan Email anda untuk berlangganan artikel terbaru:

Mari Berteman