Senin, 31 Januari 2011

Program menghitung Turunan dengan menngunakan bahasa C

Apa Kabar teman - teman!!!
sudah lama tak memuat postingan karena berbagai alasan , yah kali ini saya mungkin sedikit berbagi (dalam rangka saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran).. yaitu bagi kita yang ingin mencoba belajar program khususnya bahasa c.
Program menghitung Turunan dengan menngunakan bahasa C menurut saya cukup aplikatif untuk belajar (belajar bahasa c dan matematka tentunya..

check this out

Berikut programnya:

#include
#include

int main(int argc, char *argv[])
{
int pangkat,i;
float a[("%d",pangkat)];
float b[("%d",pangkat)];
float c[("%d",pangkat)];

printf("masukkan pangkat X yang tertinggi =");
scanf("%d",&pangkat);

printf("masukkan nilai\n");
for(i=pangkat;i>=1;i--)
{

printf("X*%d =",i);
scanf("%f",&b[i]);
a[i]=i*b[i];

}
printf("\n hasilnya adalah \n\n");
for(i=(pangkat-1);i>=0;i--)
{

printf("X*%d =%f\n",i,a[i+1]);
}

system("PAUSE");
return 0;
}

selesai deh..
coba kita jalankan, berikut hasilnya..



selamat belajar matematika (eh bahasa c juga)...

Analog Scaling pada Programable Logic Control (PLC)

Analog Scaling merupakan salah satu keunggulan daari controller yang dapat dibilang paling populer saat ini didunia industri yaitu programable logic control (PLC). karena bukan hanya dapat menambil data dalam bentuk analog namun juga dapat mengeluarkan output dalam bentuk analog pula.
Analog Scaling pada Programable Logic Control (PLC) biasanya digunakan untuk aplikasi yang memerlukan ketelitian yang tinggi, seperti level ketinggian, suhu, berat, dll karena untuk aplikasi tersebut jika menggunakan modul digital hasilnya tidak akan baik karena seperti yang kita ketahui modul digital nilainya hanya high logic dan low logic artinya logika 1 dan logika 0. Tentu hal ini tidak bisa digunakan untuk pengukuran suhu karena skala dari suhu yang diukur biasanya antara 0 – 100 derajat.


untuk itu penguasaan Analog Scaling pada Programable Logic Control (PLC)harus sangat dikuasai (saat ini penulispun masih terus-terusan belajar(semoga mengerti)). secara umum modul analog pada PLC dapat bekerja dengan dua level,
1. arus dari 4 sampai 20 mili Ampere
2. Tegangan dari 0 sampai 10 Volt




konfigurasi hardware analog

Akuisisi Data Suhu dengan ADC internal pada mikrokontroler ATMEGA 8538(bagian 1)

Mikrokontroler ATMEGA 8535 merupakan mikrokontroler keluaran ATMEL keluarga AVR yang salah satu kelebihannya dibandingkan dengan keluaran ATMEL lainnya semisal MSC-51 adalah telah memiliki ADC (Analog to Digital Converter) internal sehingga dapat digunakan untuk aplikasi untuk converter data analog ke digital tanpa perlu menggunakan IC ADC tambahan.

Analog to Digital Converter(ADC) merupakan metode yagn sangat populer (setidaknya untuk saat ini), karena kita dapat "men-digital-kan" masukan-masukan yang sifatnya analog, karena selama ini kita sebagai seorang pemula(maksudnya : saya sendiri) biasanya hanya membuat rangkaian analog saja ataupun digital saja.

Dalam percobaan kali ini, kita akan membuat akuisisi data suhu ruangan dengan menggunakan IC LM35 sebagai sensor dn mikrokontroler ATMEGA 8535 sebagai pengolah datanya.

akuisisi data suhu ini akan mengambil suhu yang tentunya dalam bentuk analog karena tidak mungkin suhu dalam bentuk digital (lokia 0 atau logika 1) lalu kita olah dengan mikrokontroler atmega 8535 yang mempunyai fasilitas ADC internal 10 bit didalamnya lalu akan kita tampilkan keluarannya di lcd( liquid crystal display).

Seperti yang kita ketahui rumus ADC pada AVR adalah:

Kode digital = (Vin / V ref) * 2n

Diamana:

Vin = V masukan pada pin ADC yang kita gunakan

Vreff = V referensi yang kita gunakan (V pada pin Areff)

N= bit ADC pada mikrokontroler AVR yang kita gunakan (pada ATMEGA 8535 ADC-nya 10 bit)

Untuk rangkaian beserta programnya akan dibahas dibagian Akuisisi Data Suhu dengan ADC internal pada mikrokontroler ATMEGA 8538(bagian 2)


selamat belajar...

salam santun...

Selasa, 04 Januari 2011

Rangkaian Sensor Suhu Sederhana

Dalam banyak hal, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mempermudah aktifitas manusia (terutama..mereka yang siap menerimanya)
, berbagai macam kreasi hasil kreatifitas manusia pun beragam dari hal kecil sampai hal yang tidak kecil..
ya, kali ini saya mencoba menjadi salah satu bagian dari mereka yang mencoba berkreasi dengan hal yang sederhana itu..
ssaya mencoba membuat rangkaian pendeteksi panas yang berlebih dari suatu benda(bisa: air, suhu tubuh,dll) dengan menggunakan rangkaian yang begitu sederhana...

Gambar Rangkaian



rangkaian terdiri dari:
Sensor suhu (thermistor atau sejenisnya)
potensiometer 10 K
Op Amp 741
resistor
output: Bi Colour Led

Penjelasan Rangkaian

sebagai saklar otomatis kita gunakan pembagi tegangan anta thermistor dan potensiometer (untuk mengatur akurasi) dan tegangan yang masuk dari pembagi tegangan tadi masuk ke op amp LM 741 lalu output berupa LED akan berubah warna secara otomatis.
cat:: output dapat di ganti dengan buzzer


ketika suhu panas


ketika suhu dingin

semoga bermanfaat...
tahun baru, semangat baru.........

Minggu, 02 Januari 2011

Kata - Kata Lucu Buat tweets di Twitter dan Status di Facebook

Postingan Kedua ku di tahun 2011 nih sob....
mau share tentang kata - kata lucu yang mungkin membuat temen - temen sekalian terinspirasi..(hehe...agak lebay)...
yah dengan masih mengususng semangat perubahan dan optimistis di awal tahun yang penuh harapan ini...



"Bingung deh, Garuda rebutan tempat sama kamu di dadaku"

“Aku pernah jatuhkan setetes air mata di selat Sunda. Di hari aku bisa menemukannya lagi, itulah waktunya aku berhenti mencintaimu.”

" Kamu tau gak kenapa kok kita cuman bisa lihat pelangi setengah lingkaran? karena setengahnya lagi ada di mata kamu "

"Mungkin aku kiper terburuk sedunia, membiarkan kamu membobol gawang berkali-kali dengan cintamu"

"Eh pinjem flashdisk dong, aku pengen transfer data cintaku buat kamu"
Kalau kamu nanya berapa kali kamu datang ke pikiranku, jujur aja, cuma sekali. abisnya, ga pergi2 sih! — Gubraak!!

"Berakit-rakit kehulu,berenang-renang ke tepian, abang siap ke penghulu, biar neng ga kesepian"

"Lihat di sana sayang! matahari terbenam begitu indah, (sambil menatap pasangan) walau begitu, itu tak dapat menandingi keindahan dirimu "

"Dunia ini hanya milik kita berdua sayang, yang lainnya hanya ngontrak.Wkwkwk"

"Aku bersedia menjadi lilin, membakar diriku untuk menerangi dirimu."

“Orang2 pada takjub liat panjangnya tembok Cina, padahal kan lebih panjang tembok Cinta kita”

“Kalo kamu lagi di Amerika, Patung Liberty ga akan bawa obor tapi bakal bawa BUNGA”

“Newton menemukan gaya tarik menarik gravitasi. Aku yg menemukan gaya tarik menarik di dirimu”

“Kenapa Superman pake kolornya diluar? Soalnya dia buru-buru pengen ketemu kamu”
“Kalau kamu nanya mana yg lebih penting buat aku: hidupku atau hidupmu, aku bakal jawab hidupku. Eits, jangan marah dulu, karena kamulah hidupku.” — hahaha sakit perut..

“Say tadi malem gw dapt telpon dari kayangan katanya mereka kehilangan 1 bidadarinya. Gw gak akan bilang lo ada di sini mmmuach ….”

“Orang bilang bulan itu indah…tapi aku bilang tidak. Orang bilang planet venus itu cantik…tapi menurut aku tidak. Aku bilang bumi itu indah dan cantik…karena ada kamu.”

Cowo : Langit malam ini ga indah yaa…
Cewe : Emang knapa?
Cowo : Karena 2 bintang terindah nya ada di mata kamu….

cowo : Mbak, pasti anak elektro ya?
cewe : Kok tau?
cowo : Kalau deket2 mbak, hati saya kesetrum.....

co : say,kata orang kalo berbuka mesti dengan yang manis ya?
ce : iya,emang kenapa?
co : kalo gitu selama puasa ini aku harus buka dengan kamu terus donk!
Co: Maaf mba, jangan terlalu lama duduk di kursi itu, pindah di deket saya aja.
Ce: Loh?? kenapa??
Co: Takut dikerubung semut.. soalnya mba manis..
Co: knapa malem ini gelap banget ya
Ce: mendung kali bang…
Co: kyknya nggak dech…
Ce: trus napa bang ??
Co: soalnya bulannya sedang menerangi & menemaniku disini..

co : Say kamu kaya sendok!
ce : Hah?
co : Iya,Soalnya kamu ngaduk-ngaduk hati ku!

co : Akhirnya.. ketemu jg…
ce : ??? Ketemu apanya?
co : Tulang rusuk gw yg hilang…

co : kamu gag cape?
ce : kenapa?
co : habis lari2 dalam pikiranku…

co : say, 1 + 1 berapa ??
ce : 2 say
co : salah mustinya itu 1
ce : koq isa
co : karena nanti cinta ku dan cintamu akan melebur menjadi 1
ce : ah say bisa aje de

Co : ” Hi cewek lage dimana nih”
Ce : ” Lagi di rumah dimana lage? “
Co : ” Lho Kok bisa?”
Ce : ” ??? ya bisalah emang napa?”
Co : ” Kamu bohong, Kamu kan ada di hatiku “

WKWKWKWKWK………Dijamin ampuh gan….


sumber:
http://meriwardana.blogspot.com/2010/12/kata-kata-rayuan-gombal-untuk-si-doi.html

Sabtu, 01 Januari 2011

CARA MENGHADAPI MASALAH KEHIDUPAN DENGAN AL-QUR’AN

Salam semangat kawan..


Di awal tahun ini, saya doakan semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung...

sedikit berbagi, saya teringat salah satu kiriman seorang sahabat ketika saya "mengeluh" akan betapa sulitnya masalah yang sedang saya hadapi....


Berikut ini kiriman dari seorang sahabat... semoga kita semakin semangat dalam menjalani setiap episode kehidupan yang dipersembahkan-Nya dengan segala cinta...

KENAPA AKU TIDAK MENDAPATKAN APA YANG AKU
IDAM-IDAMKAN?

•Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (Al-Baqarah:216)

KENAPA UJIAN SEBERAT INI?

•Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. (Al-Baqarah:286)

RASA FRUSTASI?

•Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman. (Al-Imran:139)

BAGAIMANA AKU HARUS MENGHADAPINYA?
•Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung. (Ali-Imran:200)
Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'. ( Al-Baqarah:45)

APA YANG AKU DAPAT DARI SEMUA INI?

Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu'min, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka.( At-Taubah:111)

KEPADA SIAPA AKU BERHARAP?

•Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Ilah selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal. (At-Taubah:129)

AKU TAK DAPAT BERTAHAN LAGI!!!!!

•dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir. (Yusuf:87)
•Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan lebih baik, atau balaslah (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu. (An-Nisaa':86)

saya berkesimpulan dan saya berjanji "tidak" akan mengucapkan kaliamat yang bernada keluhan lagi "ya Tuhan saya mempunyai masalah yang besar" tapi saya akan berteriak lantang "wahai masalah saya mempunyai Tuhan yang maha besar"

Dari Seorang sahabat...
Cari Artikel dan Tulisan
review http://all-thewin.blogspot.com/ on alexa.com Science Blogs Page Rank blogging tips

Berlangganan Artikel

Masukkan Email anda untuk berlangganan artikel terbaru:

Mari Berteman