Senin, 31 Januari 2011

Akuisisi Data Suhu dengan ADC internal pada mikrokontroler ATMEGA 8538(bagian 1)

Mikrokontroler ATMEGA 8535 merupakan mikrokontroler keluaran ATMEL keluarga AVR yang salah satu kelebihannya dibandingkan dengan keluaran ATMEL lainnya semisal MSC-51 adalah telah memiliki ADC (Analog to Digital Converter) internal sehingga dapat digunakan untuk aplikasi untuk converter data analog ke digital tanpa perlu menggunakan IC ADC tambahan.

Analog to Digital Converter(ADC) merupakan metode yagn sangat populer (setidaknya untuk saat ini), karena kita dapat "men-digital-kan" masukan-masukan yang sifatnya analog, karena selama ini kita sebagai seorang pemula(maksudnya : saya sendiri) biasanya hanya membuat rangkaian analog saja ataupun digital saja.

Dalam percobaan kali ini, kita akan membuat akuisisi data suhu ruangan dengan menggunakan IC LM35 sebagai sensor dn mikrokontroler ATMEGA 8535 sebagai pengolah datanya.

akuisisi data suhu ini akan mengambil suhu yang tentunya dalam bentuk analog karena tidak mungkin suhu dalam bentuk digital (lokia 0 atau logika 1) lalu kita olah dengan mikrokontroler atmega 8535 yang mempunyai fasilitas ADC internal 10 bit didalamnya lalu akan kita tampilkan keluarannya di lcd( liquid crystal display).

Seperti yang kita ketahui rumus ADC pada AVR adalah:

Kode digital = (Vin / V ref) * 2n

Diamana:

Vin = V masukan pada pin ADC yang kita gunakan

Vreff = V referensi yang kita gunakan (V pada pin Areff)

N= bit ADC pada mikrokontroler AVR yang kita gunakan (pada ATMEGA 8535 ADC-nya 10 bit)

Untuk rangkaian beserta programnya akan dibahas dibagian Akuisisi Data Suhu dengan ADC internal pada mikrokontroler ATMEGA 8538(bagian 2)


selamat belajar...

salam santun...

2 komentar:

  1. ijin berkunjung dan isi komentar..
    nice post... :)

    share ilmu elektronika:
    http://www.blackbox86.blogspot.com

    salam kenal

    BalasHapus
  2. mas @prima blogny mas http://www.blackbox86.blogspot.com
    keren, saya banyak belajar dari sana

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar...