Senin, 07 Mei 2012

Etika Diskusi

1. Bisa saja pendapat saya benar namun tedapat sedikit kesalahan maka ambilan kebenaran dan tinggalkanlah kesalahan yang sedikit itu, atau bisa jadi pendapat saya salah namun terdapat sedikit kebenaran maka tinggalkanlah kesalahan dan ambilah kebenaran yang sedikit itu.

2. Sebagaimana kita yang tidak ingin dianggap salah oleh kebenaran dalam perspektif orang lain, maka orang lain pun tidak ingin dianggap salah oleh kebenaran dalam perspektif kita.

3. Jika berdebat, selalu kuharap kebenaran muncul di lisan lawan bicaraku; dengan begitu aku bertambah ilmu.

4. Imam Hanafi pernah diminta berfatwa untuk menyerang kelompok lain yang berbeda pendapat, ia menolak dan berkata: Bagaimana kalau dimta Tuhan, mereka yang benar dan saya yang salah.

5.Anda benar bukan berati saya salah, Saya benar bukan berarti anda salah.

6. Dalam komunitas ilmu, setiap orang sama. Yang Membedakan: kekokohan konseptual, kecermatan metodologi dan ketajaman analisa.

7. jangalah suatu pribadi/kelompok mengolok - olok pribadi / kelompok lainnya, karena bisa jadi yang di olok - olok itu lebih baik disisi Allah, karena lebih jujur dalam berserah diri kepada Allah. (Quran)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar...