Rabu, 25 Mei 2011

Belajar Memprogram PLC WAGO dengan CoDeSys


Begitu banyak jenis Programable Logic Controller yang ada dan digunakan dalam dunia Industry, salah satunya adalah WAGO. Aplikasi / Software yang digunakan dalam merancang program pada PLC WAGO ini adalah CoDeSys. Salah hal menarik kenapa mempelajari CodeSys ini ialah disediakannya fitur simulasi yang memudahkan penegguna untuk dapat memvisualisakian program yang telah dibuat.

Berikut pengenalan singkat panduan untuk memprogram CoDeSys

  1. Normaly Open
 

Type data dari fungsi ini harus diisi dengan BOOL (Boolean) yang hanya mempunyai dua logika True atau false.

  1. Normaly Close 
      

Type data dari fungsi ini harus diisi dengan BOOL (Boolean) yang hanya mempunyai dua logika True atau false.

  1. Output
 

Type data dari fungsi ini harus diisi dengan BOOL (Boolean) yang hanya mempunyai dua logika True atau false.

  1. Timer
 

Ada 4 Jenis variable yang ada pada function ini, yaitu IN, PT, Q, ET. IN merupakan inputan dari tombol/variaabel yang ber type BOOL. PT merupak set point dari timer tersebut, format baku untuk pengisian PT t#5s. dimana angka 5 menunjukkan waktu 5 sekon, dapat diisi sesuai dengan kebutuhan. Q berupak output yang betype BOOl dan akan bernilai True jika ET = PT. ET dapat dikosongkan saja karena secara default bernilai nol. Untuk jenis Timer pada WAGO ada 3 macam TOF, TON dan TP.
  1. Counter
 

Ada 5 variabel yang ada pada function ini, yaitu CU, RES, PV, Q, CV. CU merupakan inputan untuk memulai mencacah yang mesti ber type BOOL. RESET untuk mengeset ulang perhitungan harus ber type BOOL. PV diisi dengan nilai sesuai kebutuhan berapa kali kita ingin men cacah. Q merupakan Output yang bertype BOOL. Dan CV merupakan Current Value yang dapat digunakan berapa nilai yang sudah tercacah sekarang.
  1. Box
Function box dapat dikatan sebagai function serba ada karena dapat kita gunakan untuk berbagai macam operasi dari arimatika, perbandingan, logika, dll untuk gambar diatas digunakan untuk operasi aritmatikan pembagian (MUL) dan biasanya digunakan untuk pengolahan data masukan yang bersifat Analog.

Masih banyak jenis function yang terdapat dalam CoDeSys ini, tapi enam diatas menurut saya adalah fumction – function fundamental dalam proses memprogram WAGO dengan CoDeSys.

Untuk contoh program dan cara visualisasi plus penulisan alamat input/output akan saya jelaskan dilain kesempatan.

Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Mas ada buku tutorialnya yang lengkap tidak buat belajar PLC ?maksudnya link pdf-nya atau apalah?mohon dibales ~ makeityourring diamond engagement rings

    BalasHapus
  2. yang komen diatas bayar donk kalo mau ebooknya,,,?

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar...

Cari Artikel dan Tulisan
review http://all-thewin.blogspot.com/ on alexa.com Science Blogs Page Rank blogging tips

Berlangganan Artikel

Masukkan Email anda untuk berlangganan artikel terbaru:

Mari Berteman