Selasa, 24 Mei 2011

Pendapat Tokoh Dunia tentang Nabi Muhammad SAW >> How about you?

Saya tertarik di banyak peringatan tentang Hari Kebangkitan Nasional, banyak berbagai seminar atau pun acara yang membicarakan hal tersebut, Hari kebangkitan Nasional diyakini menjadi titik kebangkitan Indonesia dalam rangka untuk memperjuangkan kemerdekaan. Saya coba menghubungkan kebangkitan Nasional (yang menurut sejarah banyak dipelopori oleh tokoh cendikiawan religius itu) dengan salah satu kebangkitan Universal dunia. Jika ditarik ke untaian sejarah yang lebih jauh lagi, jauh 1400 Tahun yang lalu didaerah Padang pasir gersang yang dihimpit oleh dua peradaban mapan, Romawi dan Persia (seperti Indonesia pada saat itu yang menjadi rebutan berbagai kepentingan luar), ada satu percikan api (meminjam istilah Soekarno) yang membuat pasir dipadang pasir itu berubah sifat menjadi mesiu yang meledakkan api pembaharuan dalam system kehidupan masyarakat. Muhammad Bin Abdullah berhasil mengubah sejarah dunia. Berikut saya petikkan komentar para tokoh dunia mengenai pribadi Nabi Muhammad SAW. Sumbernya saya dapat disini.

1. Mahatma gandhi
Ajaran yang dibawa oleh Muhammad adalah peninggalan yg paling Bijaksana bukan hanya utk Muslim tapi utk seluruh Umat manusia

2. Thomas Carlyle
sesorang yg memiliki jiwa yg tenang dan besar,salah satu kharismatiknya. Dia(Muhammad) sungguh terlalu baik terhadap dunia ini,Sang Pencipta yang menyuruhnya.

3. Dr. Baron Omar Rolf von Ehrenfels
‎"Nabi Muhammad s.a.w. adalah Rasul Islam dan mata rantai terakhir dalam rangkaian para Rasul yang membawa risalah-risalah besar"

4. Annie Besant (1847-1933)
Siapa pun yang memplajari kehidupan dan sifat Nabi besar dari jazirah Arabia ini, siapa pun yang mengetahui bagaimana ia mengajar dan bagamana ia hidup, pasti memberikan rasa hormat kepada Nabi agung itu, salah seorang utusan Tuhan yg luar biasa.(The Life and Teachings of Muhammad, Madras, 1932, h.4)

5.Sir William Muir
Muhammad saw membawa berakhirnya penyembahan berhala. Beliau mengajarkan Monotheism dan Tuhan yg maha Kuasa, Perduli Anak yatim piatu, Emansipasi, perbudakan, melarang alkohol.... (Life of Mohammed" by Sir wiliam Muir)

6. Edward Gibbon (1737-1794)-sejarahwan terbesar Inggris

Memorinya (yakni, Muhammad) sangat besar dan kuat, sikapnya sederhana dan ramah, imajinasinya agung, keputusannya jelas, cepat, dan tegas. Dia memiliki keberanian berpikir maupun bertindak. (History of the Decline and Fall of the Roman Empire, London, 1838, vol.5, h.335)

7. Sir George Bernard Shaw
Saya yakin, apabila orang semacam Muhammad memegang kekuasaan tunggal di dunia modern ini, dia akan berhasil mengatasi segala permasalahan sedemikian hingga membawa kedamaian dan kebahagiaan yang dibutuhkan dunia: Ramalanku, keyakinan yang dibawanya akan diterima Eropa di masa datang dan memang ia telah mulai diterima Eropa saat ini..

8. Michael H. Hart (The 100: A Ranking Of The Most Influential Persons In History, New York, 1978)
Pilihan saya untuk menempatkan Muhammad pada urutan teratas mungkin mengejutkan semua pihak, tapi dialah satu-satunya orang yang sukses baik dalam tataran sekular maupun agama.

9. Bosworth Smith
Dia adalah perpaduan caesar dan paus, tapi dia adalah sang Paus tanpa pretensinya dan seorang caesar tanpa Legionnaire-nya: tanpa tentara, tanpa pengawal, tanpa istana, tanpa penghasilan tetap, jika ada seorang manusia yg pantas untuk berkata bahwa dia-lah wakil Tuhan penguasa dunia, Muhammad-lah orang itu, karena ia memiliki kekuatan meski ia tak memiliki segala instrument atau penyokongnya". (Mohammad n Mohammadanism, london 1874, h.92)

10. Dr. William Draper
4 tahun setelah kematian Justinian,A.D.569, lahir seorg laki2 (Muhammad saw) di Mekah, Arabia,l aki2 yg telah membrikan pengaruhnya terhadap seluruh Ras Manusia menjadi Pemimpin Agama dr berbagai macam empire,menuntun cara hidup dari 1/3 umat manusia di dunia ini, Beliau pantas diberi gelar Messenger of God....." ('History of Intellectual Development of Europe)

11. James A. Michener
Dalam setiap hal, Muhammad saw adalah seorang yg mengdepankan akal. Ketika putranya meninggal disertai gerhana dan menimbulkan anggapan ummatnya bahwa hal tsb adalah wujud rasa belasungkawa Tuhan kepadanya, Muhammad saw berkata: "Gerhana adalah sebuah kejadian alam biasa, adalah suatu kebodohan mengkaitkannya dengan kematian atau kelahiran seorang manusia". ("Islam: The Misunderstood Religion," dalam READER'S DIGEST (American edition), Mei 1955, hlm. 68-70.)

12. Ir. Soekarno
Cetusan api yang keluar dari Muhammad ini mencetus pada butir pasir-pasir di padang pasir. Dan pasir ini berubah sifat menjadi mesiu dan dinamit yang meledak. Dan ledakannya itu didengarkan oleh seluruh umat manusia didunia ini. Saking hebatnya getaran jiwa Muhammad itu.

Allahumma sholi ala Muhammad…

1 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar...

Cari Artikel dan Tulisan
review http://all-thewin.blogspot.com/ on alexa.com Science Blogs Page Rank blogging tips

Berlangganan Artikel

Masukkan Email anda untuk berlangganan artikel terbaru:

Mari Berteman