http://all-thewin.blogspot.com//feeds/posts/default Belajar | Elektro, Robotika, Pemrograman, Teknologi, Sastra Islami: Penggunaan Earth Tester dalam Teknik Pertanahan (Grounding)
Cari Artikel dan Tulisan

Monday, February 18, 2013

Penggunaan Earth Tester dalam Teknik Pertanahan (Grounding)


Mungkin teman – teman pernah merasakan sengatan listrik ketika menyentuh cover / casing komputer dirumah atau ketika plug / unplug flashdisk dari laptop, mungkin anda bingung kenapa bisa kesetrum padahal hanya memegang casing atau hal yang tidak berkaitan langsung dengan listrik, jawabannya karena ada lompatan listri yang terjadi, walaupun kecil cukup memberikan efek kejut yang lumayan. Lalu bagaimana agar kita dapat terhindar dari hal tersebut, sebenarnya mudah jika dalam hal kecil seperti diatas tinggal meletakkan laptop / komputer anda diatas tikar / ambal / dll untuk menetralkan lombatan listrik dalam skala kecil.

Penjelasan diatasa hanya sekedar introduction karena dalam tulisan ini akan sedikit menjelaskan tentang sistem pertahanan dalam skala yang cukup besar yang sering digunakan dalam skla industri. Sebelum membahasa lebih jauh alangkah baiknya kita mngetahui pengertian grounding / sistem pertanahan.

Grounding / pertanahan merupakan suatu sistem pengamanan terhadap perangkat – perangkat yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaga dari lompatan listrik atau juga proteksi terhadap samabaran petir.

Ground resistance adalah nilai tahanan yang dimiliki tanah untuk menerima loncatan listrik dari suatu perangkat atau petir, ground resistance yang baik adalah lebih kecil dari 10 Ohm.

Dan salah satu alat yang dapat kita gunkan untuk mengukur  nilai ground resistance ialah earth tester, earth tester merupakan measurement equipment yang terdiri dari beberapa display dan socket untuk pengukuran, pada umumnya terdiri dari tiga socket terminal:
E = Earth Plate
P = Potential Spike
C = Current Spike


 

Jadi terminal E dihubungkan dengan terminal ground yang akan kita ukur, lalu terminal P ditanam membentuk garis laris dari terminal earth plate (E) sejauh 5 meter dan terminbal C segaris lurus dengan terminal E dan P, jaraknya 5 meter dari terminal P.

Konfigurasi telah selesai, lau tekan tombol hunting (push on) maka jarum galvanometer akan bergerak dan putar selector nilai tahanan sampai jarum di galvanometer menunjukkan angka nol dan nilai pada selector itulah yang merupakan nilai tahanan ground yang ada.




Semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Terima kasih atas informasinya saya sedang membutuhkan informasi tentang earth tester untuk makalah saya

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar...

Berlangganan Artikel

Masukkan Email anda untuk berlangganan artikel terbaru:

Mari Berteman

review http://all-thewin.blogspot.com/ on alexa.com Science Blogs Page Rank blogging tips