Senin, 22 April 2013

Kontrol dan Akuisisi data Suhu menggunakan Mikrokontroler (1)


Selamat pagi / siang / sore
Teman – teman pembaca

      Ketika tulisan ini dibuat, ditempat saya sedang malam hari, waktu yang mengasyikkan buat menulis.:). Sudah lama ga membuat tulisan yangberkaitan dengan dunia kelistrikan, banyak alasan kenapa sudah lama ga bisa update tulisan mengenai dunia kelistrikan,pertama: Karena rutinitas kerja yang membunuh kreatifitas, dan yang kedua karena memang turunnya kuantitas waktu dalam meng-upgrade diri dalam dunia kelistrikan, kontrol maupun elektronika.

      Back to topic, setelah sekian lam menghilang dari dunia control, design dan automation, tiba – tiba saya dihubungi teman yang meminta bantuan untuk tugas akhirnya (skripsi), skripsinya berkaitan dengan dunia kontrol yaitu membuat sebuah prototipe alat pengontrol dan monitoring suhu untuk tanaman, sebenarnya saya ga menyanggupi karena kesibukan dan keterbatasan waktu takutnya ga bisa menyelesaikan proyek ini, namun karena niat ingin membantu teman yang ingin menyelesaikan tugas akhirnya dan sekalian bernostalgia dengan dunia yang saya senangi, akhirnya saya terima tantangan ini.

      Disini, karena memang alatnya masih dalam proses pembuatan / pengerjaan maka akan saya jelaskan secara umum sistem kerja dari alat ini, alat ini menggunakan mikrokontroler AVR Atmega 8535 sebagai controller utama, dengan input berupa 4 buah sensor suhu LM 35, dan output berupa rangkaian kontrol Motor induksi yang digunakan sebagai pompa yang  menyiramkan air untuk menjaga kestabilan suhu ditambah lagi alat terhubung dengan pc / laptop (interfacing)  yang memungkinkan kita bisa memonitoring suhu ruangan secara real –time dan dapat mengambil mengakuisisi data suhu tersebut, jadi dapat dikatakan sistem ini sudah mendekati sistem SCADA (supervisory Control And Data Aquitition).

 
 
 Sebagai diagram blog kontrolnya dapat kita sederhanakan menjadi seperti berikut:

 


      Jadi secara umum sistem ini menggunakan mikrokontroler sebagai controller utamanya yang kemudian akan berkomunikasi dengan PC / laptop dengan Visual Basic sebagai software interfacing dan HMI nya serta port serial sebagai jalur komunikasinya.

      Sekian dulu teman sebagai pembuka untuk penjelasan yang lebih teknis yaitu berupa rangkaian serta programnya akan saya tulis dibagian kedua tulisan ini.

Semoga Bermanfaat.

6 komentar:

  1. I am sure this post has tοuсhed all the
    internet vіeωers, its гeally really nice
    poѕt on building uρ new website.

    My site: varistors

    BalasHapus
  2. I simрly cоuld not lеave your webѕitе
    prіor to suggesting that Ι really loved
    the stanԁard infοrmatiοn a pеrsοn ѕupply for your gueѕtѕ?
    Is going to be bаck stеadily to inѵestigаte cross-сheck neω ρosts

    Havе a look at my wеbsite :: Wire-Wound Resistor

    BalasHapus
  3. Mau tanya, semisal kita telah set waktu di mikrokontroler, yang nantinya akan mengatur lama nyala lampu. Kita gunakan komunikasi serial ke PC. Bagaimana caranya kita mengubah lama waktu nyala lampu tersebut lewat VB?? minta bantuannya.....

    BalasHapus
  4. Νice blog! ӏs yοuг theme custοm made or dіԁ you downloаd it from somеwheгe?
    A themе like youгs ωith a few sіmplе tweеks would rеally
    make my blog jump out. Please let mе
    know ωhere you gοt yоur theme. Thank yοu

    Take а look at my web blog Potentiometer Definition

    BalasHapus
  5. I hаvе been surfing online mοre than 3 hours as of late, yet
    Ι by no meаns discοverеԁ аnу fаѕсinating аrticle lіke yоurs.
    It іѕ pretty worth enough for me.
    In my oріnion, іf all wеbmаsters and blοggеrs
    maԁe just right cоntеnt mаteriаl as yοu ԁiԁ, the
    internet ωill likelу be a lοt more helpful than ever befοre.


    Fеel free to surf to my website wire-wound resistor

    BalasHapus
  6. ωonԁeгful put up, very informative.
    I wondеr why the opposite ѕpeсialiѕts of thiѕ sector ԁon't understand this. You should continue your writing. I am confident, you have a great readers'
    base already!

    Also viѕit my site resistance of a resistor

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar...