Jumat, 09 Oktober 2015

Selamat datang era baru koneksi internet (4G LTE advanced) #GoForIt.

Diakhir tahun 2013 saya tergelitik dengan status twitter teman saya yang baru menyelesaikan studinya di London. Dalam perjalanan pulang ke Indonesia dia menulis tweet:welcome to the world with slow internet connection”. Sebuah fakta memprihatinkan mengingat Indonesia merupakan pasar menggiurkan dalam penjualan produk-produk teknologi, gadget gadget dengan kualitas hardware dan software terbaru.
Di era perkembangan dunia  yang begitu pesat, perangkat teknologi bukan sekedar hardware dan software yang mumpuni namun diperlukannya juga sebuah mobile data connection / koneksi internet yang baik sehingga perangkat canggih tersebut dapat bekerja maksimal. Dimulai dengan peralihan teknologi komunikasi analog menjadi teknologi komunikasi digital mutlak dibutuhkannya koneksi internet cepat. Komunikasi yang berbasis pulsa (telepon, sms) digantikan dengan komunikasi berbasis data (whatsapp, bbm, line, dll).
Tantangan koneksi internet cepat seolah dijawab oleh salah satu provider komunikasi Indonesia, Smartfren. Dengan menghadirkan sebuah era baru komunikasi internet, Smartfren 4G LTE advanced. Generasi ke-empat dari teknologi komunikasi mobile internet.
Pertemuan saya dengan smartfren 4G LTE advanced terbilang tidak disengaja, karena handphone saya rusak, saya membutuhkan handphone baru untuk menunjang aktifitas kerja saya, secara official saya bekerja sebagai electrical engineer di sebuah perusahaan namun diluar itu saya juga seorang blog preneur dan scholarship hunter. Untuk saya membutuhkan teknologi dan koneksi internet cepat yang lancar dan stabil untuk menunjang aktifitas tersebut. Pucuk dicinta ulam pun tiba, salah satu sales smartfren tiba-tiba menghampiri saya untuk menawarkan produk terbaru mereka, beragam handphone yang telah menunjang jaringan koneksi cepat 4G LTE. Sebagai electrical engineer saya coba mengecek kehandalaan jaringan tersebut, menggunakan speed tester, dan hasilnya. Perfecto.
Kecepatan koneksi smartfren 4G LTE advanced
Keesokan harinya saya bawa kekantor handphone smartfren dengan jaringan 4G LTE tersebut dan beberapa teman saya ikut mencoba koneksi tersebut, tethering dengan status 5 device connected, dan kondisinya stabil bro!. Beberapa hari berikutnya 3 teman sekantor saya, ikut membeli produk wifi smartfren 4G LTE advanced.
Modem m2y 4G LTE Advanced
Tidak bisa dipungkiri, kebutuhan koneksi internet lancer dan stabil telah menjadi kebutuhan tiap orang. Die era kehidupan digital dimana arus informasi yang bergerak begitu cepat sehingga mereka yang tidak bisa mengimbangi, mereka akan tertinggal. Pengguna internet mulai dari social media freak sampai dengan pengguna yang memanfaatkan internet untuk kebutuhan bisnis dan pendidikan membutuhkan koneksi internet yang lancar dan stabil, jaringan smartfren 4G LTE advanced menjawab tantangan itu.
Aktifitas menggunakan smartfren 4G LTE advanced
            Dunia digital dengan perkembangannya yang serba cepat mutlak membutuhkankan perangkat internet yang super cepat yang ditawarkan oleh jaringan 4G LTE. Seperti saya, sebagai Electrical engineer, saya sering kali dituntut untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan engineering yang mengacu kepada standar-standar internasional terbaru dan update teknologi terbaru, tentu saya akan kerepotan jika harus mencari koneksi internet ketika berada on site. Belum lagi aktifitas diluar itu sebagai seorang blog preneur saya seringkali menulis dan mempostingan tulisan saya dimana dan kapan saja.
            Aktifitas saya diatas tentunya sangat terbantu dengan jaringan 4G LTE ini, saya tidak bisa membayangan bagaiamana dengan profesi lain seperti penulis kreatif, pemilik online shop, industri kreatif dan beragam profesi lainnya yang tidak bisa tidak harus selalu terhubung online tentunya akan sangat membutuhkan koneksi internet lancar dan stabil seperti yang ditawarkan oleh jaringan 4G LTE smartfren ini yang telah saya buktikan sendiri kehandalannya.
            Kalau diakhir tahun 2013 saya tergelitik dengan status teman saya “welcome to the world with slow internet connection”. Sekarang saya rasa, teman saya tersebut akan tersentak ketika menyadari bahwa sekarang di Indonesia, kita merasakan kondisi internet yang lancar dan stabil seperti di Negara maju lainnya. Welcome to the new world with fast internet connection. #GoForIt.
           

1 komentar:

  1. Nice article... tapi perlu diingat, bahwa sebuah perangkat komunikasi pintar tidak hanya membutuhkan koneksi cepat, ada banyak fitur lain yg turut menentukan lovable level of the product. Saya sempat tertarik dengan jargon yang digemborkan oleh produk ini "sinyal kuat", namun setelah dipikir-pikir, percuma sinyal kuat tapi "daleman" hapenya payah. Seperti ram yang hanya 1 giga.. tentu sekencang apapun sinyal ga akan bikin kesel ilang kalo hapenya lemot. Ato kualitas kamera yang kurang mumpuni, tentu akan mengecewakan para pecinta selfie, hehe..
    Semoga setelah ini smartfren juga mengupayakan "daleman" produknya bisa sebagus produk-produk yang sudah lebih dulu dikenal kehandalannya. Karna setau saya sekarang sudah ada produk lain yang menawarkan sinyal 4G LTE juga, lalu apa yang bisa smartfren tawarkan kalo senjata utamanya sudah dimiliki pihak lain?
    Itu saja semoga saran ini bermanfaat. Keep writing.. 😊

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar...