Kamis, 08 Juli 2010

Kontrol Program dalam BASCOM AVR

Untuk control program dalam BASCOM AVR sama seperti pada visual basic karena memang BASCOM dan VB kesemuanya memang berbasis bahasa basic. Berikut adalah beberapa control program yang sering digunakan dalam pemroraman dengan BASCOM AVR.

  1. IF ……THEN

Dengan menggunakan if…then kita dapat membuat program percabangan. Sintaks dalam penulisannya sebagai berikut:

IF THEN

.

.

END IF

Jika terdiri dari lebih dari satu kondisi maka sintaks penulisannya sebagai berikut:

IF THEN

ELSEIF THEN

.

.

ELSEIF THEN

ELSE

END IF

  1. SELECT….CASE

Fungsi select…case hampir sama fungsinya dengan if…then,karena sama-sama dapat digunakan sebagai percabangan. Namun pada select…case memiliki kelebihan yaitu kemudahan dalam penulisan program. Berikut sintaks penulisannya:

SELECT CASE variable

CASE :

CASE :

.

.

CASE :

CASE ELSE :

END SELECT

  1. DO…LOOP

Perintah do…loop digunakan untuk mrmbuat program perulangan, ibarat arus dalam satu loop tertutup yang selalu berputar terus menerus. Untuk membatasi perulangan dalam perintah do…loop dapat digunakan do…loop until. Berikut sintaks penulisannya.

DO

LOOP

Dan ketika kita ingin membatasi perulangannya maka sintaks penulisannya sebagai berikut:

DO

LOOP UNTIL

  1. FOR…NEXT

Sama seperti do…loop, perintah for…next digunakan untuk membuat perulangan. Namun pada perintah for…next nilai awal, akhir dan tingkat kenaikan dalam proses perulangannya bisa kita tentukan. Berikut sintaks penulisannya:

FOR variable = nilai_awal TO nilaiakhir [STEP value]

NEXT

  1. GOSUB

Dengan perintah GOSUB maka program akan melompat ke subrutin lalu menjalankan program dalam subrutin tersebut hingga return. Perintah return akan menggembalikan program tersebut pada titik sebelum program tersebut melompat ke subrutin. Berikut contoh pemakaiannya:

PortA =&HFF

GOSUB flipflop

END

Flipflop:

PortA =&HFF

Wait 1

PortA =&H00

Wait1

RETURN

  1. GOTO

Perintah goto hampir sama dengan perintah GOSUB namun pada perintah GOTO tidak memerlukan perintah return, sehingga programnya tidak akan kembali ke titik dimana perintah GOTO berada. Berikut sintaks penulisannya:

GOTO label

Label:

Selamat belajar…

Salam santun..

4 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar...