Sabtu, 07 Agustus 2010

Konfigurasi Hardware Input pada PLC

Sebagai seorang enginer PLC tidak sah kalau kita hanya mengetahui bagaimana metode memprogram PLC tanpa tahu konfigurasi hardware pada PLC, konfigursi / wiring pada PLC sangat penting untuk menganalisa jika ada trouble pada PLC yang kita gunakan.
Berbagai macam sensor, saklar atau komponen-komponen lain yang dapat digunakan untuk mengubah status bit dari memori status masukan PLC dapat dipasang atau digunakan sebagai masukan ke PLC. Untuk bisa melakukan perubahan pada memori status masukan tersebut, dibutuhkan sumber tegangan untuk memicu masukan. Untungnya CPM1A sudah dilengkapi dengan sumber tegangan 24 VDC (letaknya di kiri bawah terminal keluaran, lihat kembali gambar diawah ini.


Ssehingga contoh rangkaian untuk masukan ditunjukkan pada gambar dan perhatikan hubungan COM pada PLC dengan sumber tegangan 24 VDC dan COM pada saklar dengan tegangan 24 volt DC.

1 komentar:

  1. salam..mahu bertanya..saya menggunakan bateri 12 volt dan selarikan untuk mendapatkan 24volt supply untuk PLC..tapi saya menggunakan sensor (12volt)..adakah saya perlu buat litar convert 24volt kepada 12volt? harap dapat membantu

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar...

Cari Artikel dan Tulisan
review http://all-thewin.blogspot.com/ on alexa.com Science Blogs Page Rank blogging tips

Berlangganan Artikel

Masukkan Email anda untuk berlangganan artikel terbaru:

Mari Berteman