Sabtu, 07 Agustus 2010

Konfigurasi Hardware Output pada PLC

Omron CPM1A menggunakan keluaran berupa relay, dengan adanya relay ini, menghubungkan dengan piranti eksternal menjadi lebih mudah. Pada gambar II.4 ditunjukkan gambar internal rangkaian relay sebagai keluaran pada CPM1A .

CPU PLC betul-betul terisolasi dari luar, pertama dengan menggunakan komponen optoisolator dan dari optoisolator ini digunakan untuk menggerakkan relay (terminal A dan B). Sebagai tambahan diberikan dioda yang dipasang paralel dengan relay sebagai pengaman, untuk antisipasi arus balik yang terjadi pada saat pensaklaran secara mekanis dari relay itu sendiri.

Saat CPU PLC mengubah status keluaran dari ‘0’ menjadi ’1’, maka optoisolator akan bekerja untuk menggerakkan relay sehingga terminal A dan B akan tersambung (hubung-singkat). Pada gambar II.5 ditunjukkan contoh status memori pada CPU PLC berkaitan dengan status relay pada keluaran PLC, hanya keluaran O0 dan O3 saja yang terhubung-singkat.





Gambar .Contoh menghubungkan keluaran PLC dengan lampu


Untuk lebih jelasnya, pada gambar ditunjukkan bagaimana menghubungkan keluaran PLC dengan lampu-lampu bolam, sehingga kita juga bisa melihat keluaran mana saja yang ON atau terhubung singkat. Satu terminal, yaitu terminal COM dihubungkan dengan jala-jala listrik, dalam contoh digunakan 220V, dan masing-masing terminal (O0 hingga O3) dihubungkan dengan lampu. Sedangkan terminal lampu sisanya dihubungkan bersama ke jala-jala listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar...

Cari Artikel dan Tulisan
review http://all-thewin.blogspot.com/ on alexa.com Science Blogs Page Rank blogging tips

Berlangganan Artikel

Masukkan Email anda untuk berlangganan artikel terbaru:

Mari Berteman