Sabtu, 21 Mei 2011

Trik / Tips Install Linux dengan FlashDisk | Membuat Bootable Linux via FlashDisk

Salah satu kelebihan OS Linux dibandingkan Windows, Mac, dll adalah Linux merupakan Open Source yang memang tersedia secara gratis dan mengalami revisi – revisi dan terus menerus dikembangkan, dibanding windows yang harganya kurang akrab dengan pemakai komputer di Indonesia (sehingga memunculkan kreativitas untuk membajak). Linux juga lebih aman dari virus, malware karena masih jarang pengembang virus yang ditujukan untuk mengacaukan system kerja Linux.

Sedikit tips untuk membuat bootable linux via Usb Flasdisk ini karena sekarang banyak laptop mini yang tidak memiliki CD Rom sehingga menyulitkan untuk menginstal Linux, tapi jangan khawatir, kendala tersebut dapat kita atasi dengan membuat installer ataupun bootable Linux dengan media botting melalui USB.

Software tambahan yang dibutuhkan ialah unetbootin (Universal NetBoot Installer), yang dapat didapatkan secara gratis pula, ini tampilan awal dari unetbootin.

  
Gambar 1. Tampilan awal  unetbootin

Langkah kedua kita tinggal browse file linux yang berekstensi ISO yang dapat di download Ubuntu.com, untuk distribusi Ubuntu, ataupun dapat menggunakan distribusi lainnya.

 
Gambar 2. Cari file dari komputer

Tekan Ok lalu akan muncul jendea berikut

 
Gambar 3. Proses pembuatan Bootable Linux

Tunggu sampai selesai kurang lebih waktunya 5 – 10 menit.

Gambar 4. Finish

Klik Restart Now, komputer akan otomatis restart lalu tinggal atur di BIOS untuk memilih Booting melalui USB.

Semoga bermanfaat..

1 komentar:

  1. Nice inpo, sangat bermanfaat..
    mungkin kita bisa bertuker informasi atau backlink.. :D

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar...