Minggu, 12 Februari 2012

10 Tips menjadi penyiar / Announcer Radio (dadakan)

Pagi/siang/sore/malem sahabat pembaca,

“Jika saya diberi waktu 8 jam untuk menebang suatu pohon, maka 6 jam saya akan gunakan untuk mengasah kampak saya” (Abraham Lincoln)

      Tips ini tercipta dengan latar belakang pengalaman saya pribadi, ketika diminta untuk menjadi penyiar / announcer radio, dimana saya belum punya pengalaman sebelumnya penjadi penyiar dan diperparah dengan permintaan ini disampaikan kurang dari 15 jam sebelum kegiatan dimulai. –tragis-

       Seperti kata Abraham Lincoln “Jika saya diberi waktu 8 jam untuk menebang suatu pohon, maka 6 jam saya akan gunakan untuk mengasah kampak saya”, berbekal kata kata dari opa lincoln itu saya mulai googling di yahoo (ha…) untuk berbagai tips serta download video - video di youtube dengan berbagai keyword yang intinya bagaimana cara menjadi penyiar radio yang baik dalam ngebawain acara, dan sialnya ternyata rata - rata video tersebut  berbahasa Inggris, (bahasa yang saya sukai tapi tidak saya mengerti, -are you kidding me? :(-)

     Oke, dari berbekal tutorial, tips serta video yang telah saya pelajari dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, berlangsunglah acara yang dinantikan oleh para kru radio tapi tidak buat saya pribadi,  hampir satu setengah jam On Air di radio dan ketika keluar dari ruang studio, dengan wajah lesu dan menunduk, saya tatap tiap - tiap wajah para kru radio, dengan wajah garang salah seorang mendekati saya, lalu berbisik “ I like your style bro”, mendengar kalimat itu, rasa-rasaya saya dibawa keliling menaiki paus atlantis lalu terbang ke rasi bintang paling manis ( korban iklan –tragis-)

10 Tips menjadi penyiar / Announcer Radio (dadakan)

Oke. Berikut tips-tipsnya, stay tune ya  listeners (maap..maap masih bawaan on air, maksudnya readers):

  1. Berdoalah, sebelum siaran saya tiba – tiba menjadi pribadi yang sangat religius, ucapkan Bismillah ( Tuhan, semoga sebentar lagi PLN matiin listriknya biar gak jadi On Air)
  2. Bersikap tenang, bila perlu hubungin uya kuya biar dihipnotis terlebih dahulu.
  3. Percaya diri, please!!! untuk kali ini aja,  percaya sama kemampuan diri elu, anggep aja elu sekelas sama farhan, tantowi yahya atau oprah winfrey (anggep aja elu SEKELAS, inget artinya elu setua mereka, *peace)
  4. Jangan Grogi, Ingat kata Ranchodas Chad Chad (3 Idiots) ucapkan All iz Well… All iz Well… All iz Well… All iz Well
  5. Coba baca ulang tips dari nomor satu sampe empat
  6. Ketika menyapa pendengar di radio, percayalah mereka gak  kenal sama kamu, jadi jalan aja terus, gak usah takut dihadang / digebukin kalau ketemu sama pendengar kamu dijalan.
  7. Perbanyak perbendaharaan kata, ini sangat penting, biar pendengar kamu gak bosen dengan kata – kata yang sering kamu ucapkan. (ini tips serius loh..)
  8. Sering – sering denger radio, inget jangan cuma denger lagunya, apalagi nge sms penyiarnya buat request lagu, apalagi curhat ga jelas dan modusin penyiarnya.
  9. Latihan, karena practice makes perfect
  10. Gak ada lagi, Cuma pengen nge-genepin aja biar jadi 10.

Sekian  ya, semoga terhibur....

14 komentar:

  1. tipsnya simple :D
    tp yang paling penting no. 1, 3, 4, 7 ^^

    BalasHapus
  2. keren mas bro.. aku juga nih belum pernah siaran tapi disuruh siaran malam sabtu ntar. suruh wawancarain idola lagi.. aduuuhhh gerogi sekaleeee. minta doanya. oya, aku boleh tukeran banner nggak.?

    BalasHapus
  3. nuhun ya atas infonya

    lumayan buat tambah pengetahuan

    thanks eaH

    BalasHapus
  4. tanks mas bro tuk tips-nya, kebetulan gw saat ini lagi gencar-gencarnya cari tempat kursus tuk jadi penyiar, tapi gw loem temuin yang cocok, kalo ada referensi boleh dunk,. gw pengen wujudin mimpi gw jadi penyiar.

    BalasHapus
  5. Gpp atuh sembilan poin adja, alloh khan suka bilangan ganjil... ^^
    anyway thanks ya tips2nya...

    BalasHapus

  6. oke sertuju uh...apa yg disampaikan.... tambahan buat belajar aq....

    BalasHapus
  7. makasih ya tipsnya bagus banget,,
    sukses selalu buat agan...

    BalasHapus
  8. keren banget,
    makasih ya gan atas infonya.

    BalasHapus
  9. tipsnya bagus,,
    aku juga dulu pernah jadi penyiar,,
    dan tips dari agan menambah ilmu saya..
    maksih ya gan..

    BalasHapus
  10. makasih ya gan..
    tips dari agan sudah aku laksanakan.
    dan hasilnya bagus..

    BalasHapus
  11. hahaha...
    tipsx lucu dan manfaat,meski kbanyakan sih ngebanyol wkwkw..
    makasi y udh share ilmu.
    pengen nglamar jd penyiar,tp kl udh merried msh blh g y? :(

    BalasHapus
  12. sumpe kucak banget :>

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar...