Jumat, 07 September 2012

Water wash system | Optimasi Pembangkit Listrik

      Operation and maintenence pembangkit listrik bertujuan untuk menjaga agar performa pembangkit listrik yang di jalankan tetap maksimal, terdapat banyak sekali kegiatan yang berkaitan dengan operation dan maintenence pembangkit listrik, mulai dari kegiatan yang sifatnya harian, mingguan dan bulanan.

     Salah satu kegiatan bulanan yang rutin dilakukan dalam upaya menjaga peforma turbine ialah water wash atau jika kita terjemahkan bebas kedalam bahasa indonesia kurang lebih berarti mencuci turbine, pengertian water wash sensiri dapat kita sederhanakan yaitu mencuci turbine khususnya blade - blade pada compressor dan turbine.

     Ada dua macam tipe water wash yang dapat dilakukan yaitu online dan offline water wash. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing - masing. online waterwash itu melakukan pencucian turbine ketika turbine dalam kondisi beroperasi artinya pembersihan dilakukan ketika turbine dalam kondisi berbeban ( maksimal beban digeneratornya itu 5 MW), Dan yang ditembakkan dari nozzle hanyalah air tanpa soap (sabun).

     Dan pada offline water wash, turbine dalam kondisi tidak berbeban, namun tetap berputar dengan menggunakan motor hidraulic sampai kecepatan 2000-3000 rpm, pada pembersihan model ini juga digunakan campuran soap (sabun).

Water wash system, Optimasi Pembangkit Listrik


     Kalau ditanya model pembersihan mana yang lebih  baik tentunya sesuai dengan kebutuhan, jikalau kita tetap ingin turbine dalam kondisi berbeban, maka dapat digunakan online water wash. dan jika kita menginginkan hasil permbersihan yang lebih bersih, kita gunakan offline water wash.

Semoga bermanfaat...

1 komentar:

  1. terimakasih sharing nya mas bro.!!
    sangat bermanfaat untuk saya.
    saya tunggu sharing berikutnya,
    salam sukses selalu ya masbro?

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar...

Cari Artikel dan Tulisan
review http://all-thewin.blogspot.com/ on alexa.com Science Blogs Page Rank blogging tips

Berlangganan Artikel

Masukkan Email anda untuk berlangganan artikel terbaru:

Mari Berteman