Senin, 12 Mei 2014

Aku Menulis, Karena Itu Aku Ada


Kalaulah aku tidak mempunyai satu pun murid di dunia ini, maka aku akan mengajar dunia dengan tulisan
(KH. Zakarsi, Pendiri Pondok Pesantren Gontor)

Pada awalnya sekitar pertengahan tahun 2009, teman saya, Meri Wardana bercerita tentang blog barunya yang bertemakan seputar dunia teknik elektro, jurusan kuliah kita. Ia bercerita dengan antusias mengenai pengunjung (visitors) nya yang banyak, stretegi search engine optimization (SEO) sampai dengan blog monitezing. Gak lama kemudian, teman kita juga Andi Sutrisno, mulai merancang blog yang gak kalah hebatnya.
Beberapa bulan setelah itu, saya memutuskan untuk mengikuti jejak dua sahabat saya tadi untuk menjadi blogger, filosofi awal saya adalah mengikuti sebuah nasehat bijak yang mengatakan “Ilmu itu ibarat keledai, maka ikatlah ia dengan tulisan”. Semenjak itu saya mulai menjadi blogger dan mendapatkan banyak ilmu baru mengenai blog dan internet, kita bertiga sering saing-saingan dalam hal search engine optimization, siapa yang paling juara di mesin pencari. Nice story!
Banyak kegiatan yang kita lakukan bertiga untuk mempromosikan blog kita, mulai dari blogwalking ke blog yang bertemakan sama, meninggalkan link di blog yang jenisnya do follow sampai dengan memposting apa yang kita buat di media sosial, facebook dan twiter and anything else.
Seiring berjalannya waktu, banyak pengetahuan – pengetahuan mengenai seputar dunia blogging yang begitu mengasyikkan. Kegiatan yang pada awalnya hanya sebatas sharing knowladge  dan saing –saingan siapa yang juara di search engine berubah ke arah yang lebih terarah. Ada berbagai keuntungan yang didapat dengan menjadi seorang blogger. Apa aja keuntungan menjadi blogger dalam perspektif saya
Pertama, kita akan terbiasa untuk menuangkan ide kita dalam bentuk tulisan artinya kita mengembangkan kemampuan iterasi kita, karena tinggi rendahnya peradaban suatu bangsa ditentukan oleh seberapa tinggi kemampuan masyarakatnya dalam hal menuangkan ide dan buah pikirannya dalam bentuk tulisan. Dengan aktif menjadi seorang blogger tentunya kita akan senantiasa untuk selalu mengkonsep dan menuangkan konsep kita secara teratur melalui tulisan.
Kedua, self improvement, senjata utama seorang blogger adalah tulisannya, sehingga bagaimana cara agar seorang blogger mempunyai tulisan yang baik tentunya dengan meningkatkan pengetahuan kita untuk dapat menyerap serta menyaring berbagai macam informasi sebanyak dan sebaik mungkin, bukan hanya kuantitas dari informasi tapi juga kualitas dari informasi tersebut, dengan begitu kita dengan otomatis melakukan hal pengembangan diri, dengan memperbanyak membaca, membaca, membaca dan menganilis apa yang kita baca.
Ketiga, Blog Monitezing, yaps bener banget, kita juga dapat memperoleh keuntungan finansial dari kegiatan blog. Dari mana aja keuntungan finansial bisa kita dapat, pertama dari advertising, banyak sekali pengiklan yang mau menayangkan iklannya di blog (diblog yang banyak pengunjungnya tentunya) atau bisa mendapatkan iklan dari pihak ketiga semisal google adsense, idblognetwork, dan banyak lagi. Kedua, bisa dari product review, kita meriview suatu produk maka produk tersebut akan memberi kita bayaran sesuai dengan kesepakatan yang telah sama-sama disepakati. Ketiga, promosi usaha, kita bisa membuat halaman khusus yang berisi dengan lapak dagangan / jasa yang kita punya, jual beli online lah bahasanya. Selain ketiga hal diatas, sebenarnya masih banyak lagi, namun ketiga hal diataslah yang pernah saya lakukan dan memperoleh keuntungan. Thanks god.
Keempat, Friendship, kita dapat menjalin pertemanan dengan blogger lainnya, dengan bertukar link dan bertukar informasi dengan para blogger lainnya. Juga dapat aktif dengan komunitas – komunitas blog yang ada. Saya yang berasal dari Palembang ikut bergabung dengan Komunitas Blogger Wongkito, komunitas blogger asal palembang.
Selanjutnya, saya ingin berbagi tips untuk readers sekalian gimana biar membuat kegiatas nge blog menjadi kegiatan yang mengasyikan:
  1. Tentukan tema besar blog kamu dan konsistenlah.
  2. Buatlah sitemap yang jelas yang mempermudah pengunjung untuk memahami blog kamu.
  3. Membaca, membaca dan membacalah.
  4. Menulis, menulis dan menulislah.
  5. Pelajari search engine optimization.
  6. Blogwalking dan jalin komunikasi sesama blogger.
  7. Bergabunglah dengan komunitas blog daerah setempat.
  8. Be a active blogger

Next, saya pengen cerita tentang marketing blog network dan sosial media asal Jepang, Cyberbuzz, Inc yang berlokasi di Jakarta bernama B Blog (Bina Blog) milik PT Bina Blog Indonesia yang baru saja launching pada tanggal 27 Januari 2014 lalu.
Sebagai marketing blog network, B Blog akan memberikan berbagai macam project untuk para blogger seperti sekarang project, I am Blogger. Temen – temen berminat, buruan gabung ke event ini,  dan bergabung ke B Blog juga tentunya dan jadilah active blogger. Banyak hadiah menarik loh...
Acara ini di organisir oleh B Blog Indonesia dan di sponsori oleh :




2 komentar:

  1. butuh berapa lama biar blognya rame kak?

    BalasHapus
  2. Hamzah: semakin rajin kita update dan dapet backlink makin rame zah blog kita, jangan kayak blog kakak, sepi pengunjung

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar...

Cari Artikel dan Tulisan
review http://all-thewin.blogspot.com/ on alexa.com Science Blogs Page Rank blogging tips

Berlangganan Artikel

Masukkan Email anda untuk berlangganan artikel terbaru:

Mari Berteman