Minggu, 18 Mei 2014

Pensiun, Siapa Takut!



Mereka yang gagal merencanakan adalah mereka yang merencanakan kegagalan
(Anonymous)

Dear Readers,
Hidup merupakan akumulasi dari perencanaan – perencanaan yang kita lakukan, kita merencanakan  umur berapa kita menikah, umur berapa kita mempunyai anak, dan berbagai macam perencanaan yang kita rencanakan dan akan kita kerjakan di usia produktif kita. Sesuatu yang baik tentunya, sehingga kita mempunyai tujuan dan arah kerja yang jelas dalam menjalani kehidupan. Namun jarang dari kita yang membuat rencana apa yang akan kita kerjakan, apa yang akan kita hasilkan dan apa yang akan kita petik di usia kita yang bisa dikatakan tidak produktif lagi (after retirement)?.




Bagi sebagian dari kita, pelajar, mahasiswa, pekerja muda jarang sekali yang telah memikirkan apa yang akan kita kerjakan setelah pensiun, ”ah ngapain sih ngomongin pensiun, gua kan masih muda, nikah aja belom” atau “saya kan Pegawai Negeri Sipil (PNS), nanti pas pensiun dapet uang penisun bulanan kok, jadi buat apa musingin pensiun” masih banyak dari kita yang mempunyai pola fikir seperti itu, masih belum mempuyai rencana kedepan dan juga berfikir pragmatis untuk mengandalkan uang pensiun dari pekerjaan kita. Pertanyaannya adalah iya kalau kita mendapatkan uang pensiun kalau tidak? Atau iya kalau uang pensiun kita cukup, kalau tidak?.
Ingat bahwa masa pensiun (normalnya bagi pegawai > 55 tahun) bukan merupakan usia produktif lagi buat bekerja. Kalau pekerjaan kita sebagai pegawai, maka diusia itu tenaga kita sudah tidak dipakai lagi, kalau kita bekerja sebagai petani maka di usia itu kita mungkin tidak kuat lagi, kalau kita bekerja sebagai penulis (penulis buku atau juga blogger) mungkin tulisan – tulisan kita tidak sebanyak dan semenarik dulu.
Warren Buffet, salah satu orang terkaya dan pakar investasi terbaik dunia mengatakan: ”Saya seorang pengusaha yang baik karena saya seorang investor dan saya seorang investor yang baik karena saya seorang pengusaha”. Artinya apapun profesi kita, merencanakan keungangan atau berinvestasi adalah hal yang diperlukan. Sehingga untuk merencanakan masa pensiun yang aman adalah perencanaannya yang kita mulai dari sekarang, ingat ya readers: sekarang!.
Oke, apa saja yang perlu kita persiapkan untuk menjadikan kita tetap memberi arti (produktif) di usia kita yang tidak produktif lagi
1.      Persiapkan pensiun kita
Kita mungkin merasa punya penghasilan tetap sekarang, namun bersikap adil dan rasional lah, mempunyai rumah, mobil, pakaian yang bagus bukan suatu hal yang salah apabila kita memang mampu dan perlu membelinya, namun jangan memaksa sehingga pengeluaran akan lebih besar dari pemasukan, mulailah membuat target – target pribadi yang sederhana, apa yang saya harus kita raih dan peroleh di usia 30 tahun, 40 tahun, 50 tahun sehingga ketika telah pensiun kita dapat menikmatinya.
2.      Investasi
Kalau Warren Buffet bisa menjadi kaya raya sejagat raya karena berinvestasi kenapa kita tidak? Kata Warren Buffet kita tidak perlu menjadi ahli aljabar dan kalkulus untuk berhasil berinvestasi, cukup berani belajar dan berani memulai untuk melakukannya.
Ingat loh readers, investasi bukan sekedar menginvestasikan harta yang kita punya tapi juga kesehatan kita (apalagi masa pensiun), jadi keduanya butuh di investasikan dan menariknya ternyata keduanya dapat kita lakukan dengan satu cara investasi yang menguntungkan seperti yang ditawarkan oleh BNI bernama BNI Simponi, apa itu BNI Simponi, check it out:
BNI Simponi adalah layanan program pensiun yang diselenggarakan oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan  PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, karena ini dikelola oleh lembaga yang jelas maka tentunya kita tidak perlu khawatir tentang resiko keamanan dana investasi. Lalu siapa aja yang bisa jadi peserta, jawabannya siapapun bisa, dari yang berstatus pegawai, pengusaha, petani, buruh ataupun apapun profesinya bisa  mengikuti program BNI Simponi.
Bagaimana cara mendaftar program BNI Simponi, cukup datang ke kantor BNI terdekat bawa fotocopy Ktp dan iuran investasi awal "sekecil" Rp. 250.000 lalu isi aplikasi sesuai identitas diri. Dan untuk iuran investasi bulannya minimal Rp.50.000 yang dibatasi hanya iuaran minimal loh, kalau maksimal ya berapun boleh, hehehehe
Pensiun, Siapa Takut! 
Mau info lengkap klik deh link berikut : (http://bit.ly/BNI_Simponi)
3.      Menabung
Selain berinvestasi, menabunglah sehingga kita juga tetap punya dana tunai yang dapat kita gunakan jika kita memerlukannya secara mendadak, sehingga tidak mengganggu program investasi kita, ingat lagu cindy cenora (penyanyi cilik 90an): “ayok nabung, kita pasti dapat untung”

4.      Siapkan diri kita
Nah kalau point ke-4 ini sifatnya lebih ke pribadi kita, tentunya jika program – program persiapan pensiun kita berhasil, kita aman secara financial di usia pensiun kita, kita tetap ingin memberi manfaat tentunya karena kita mahluk sosial yang berbudaya, siapkan diri kita, apa yang akan kita kerjakan, tentunya hal yang mempunyai manfaat bagi orang banyak, apakah kita ingin menjadi mendarmabaktikan diri kita sebagai guru ngaji, atau penulis blog yang berisi motivasi bagi kaum muda, atau apapun, yang pasti diusia yang tak lagi produktif kita tetap menjadi orang yang memberi arti.
Itu readers apa saja yang perlu kita persiapkan untuk mempersiapkan masa pensiun kita, simple ga pake ribet.
So masih bingung dan khawatir dengan  masa penisun, kalau saya: Pensiun, Siapa Takut!
http://bit.ly/BNI_Simponi

7 komentar:

  1. Salut emang sama Bung Aldrin, masih muda tapi sudah memikirkan masa pensiun.

    BalasHapus
  2. Gimana dengan anda bung andi, sudah tua tapi belum memikirkan pensiun *loh
    *peace kakak*

    BalasHapus
  3. BERITA BAIK UNTUK SEMUA ORANG

    Nama saya Amisha dari bogor di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp500,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 24 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 24 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah FANCY LOAN COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Suzan bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah tanpa agunan.

    Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang Anniesa Hasibuan perusahaan mode saya

    Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Suzan email: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (Amisha1213@gmail.com), dan maria yang baru saja mendapat pinjaman dari suzan di: (maaria9925@gmail.com) dan Karina yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya:( Lukman.karina@yahoo.com).

    BalasHapus
  4. Kami menawarkan pinjaman dengan persyaratan yang sangat fleksibel Suku bunga kami bervariasi tergantung pada jumlah yang diminta dan jangka waktu penyelesaian Suku bunga kami relatif rendah dan bervariasi antara 1% dan 1,60%. Pilih Personal Loan adalah untuk mendapatkan keuntungan dari suku bunga tetap. Antara 1% dan 1,60% itu tidak berubah selama masa pinjaman Anda Anda yang memilih jumlah dan waktu yang paling sesuai untuk Anda Dengan Personal Loan, Anda dapat meminjam sejumlah € 3.000 hingga € 5.000.000 selama periode 12 sampai 240 bulan

    Kami mendukung pendanaan proyek Anda seperti pembangunan rumah Anda, kantor, peternakan, kami mendukung rencana perjalanan Anda, perusahaan Anda, atau proyek yang Anda butuhkan untuk pendanaan eksternal.

    Kami memberikan pinjaman untuk individu: pinjaman pribadi untuk konsumsi, pinjaman immobillier, pelunasan kredit, penebusan utang untuk memenuhi semua utang Anda menjadi satu pinjaman, pinjaman pendidikan bagi siswa, siap membiayai pembelian mobil Anda.


    Company:RAMADHAN ISLAMIYAT LOANS
    Address:110 2 Ave SW, Calgary, Alberta, France
    Phone/WA:+2348050300854
    E-mail:(ramadhanislamiyatloans@gmail.com)

    BalasHapus
  5. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar...