Jumat, 09 Desember 2011

Kiat Lancar Menulis

Dalam artikel kali ini, saya ingin berbagi tips yang saya dapat dari seorang Penulis, blogger profesional, entrepreneur, trainer kepenulisan di berbagai kota, CEO , founder mas Jonru Ginting [@jonru] tentang tips agar kita lancar dalam menulis, yups semoga bermanfaat,

(1) Yuk kita mulai kultwit ttg #Kiat Lancar Menulis seperti yg saya janjikan tadi. Siap?

(2) Pertanyaan yg paling sering muncul: "Saya punya ide, tapi mandeg ketika hendak dituangkan jadi tulisan." #Kiat Lancar Menulis

(3) Mandeg menulis biasanya karena blm apa2 kita udah banyak mikir: Gimana klo hasilnya jelek? Gimana kalo diejek? dst. #Kiat Lancar Menulis

(4) Mandeg menulis biasanya karena blm apa2 kita udah banyak mikir: Sesuai gak dgn EYD? Gimana kalo nanti ditolak? dst. #Kiat Lancar Menulis
(5) Kebanyakan mikir seperti itu merupakan pertanda bahwa kita mulai menulis dgn OTAK KIRI. #Kiat Lancar Menulis

(6) Padahal seharusnya kita mulai menulis dgn OTAK KANAN, bukan otak kiri. KIAT MENULIS BEBAS. #Kiat Lancar Menulis

(7) KIAT MENULIS BEBAS = agar selalu lancar menulis. Saya menyebutnya "Otak kanan dulu baru otak kiri". #Kiat Lancar Menulis

(8) KIAT MENULIS BEBAS = mulai menulis tanpa beban, secara spontan, semau2 kita. Gunakan otak kanan. #Kiat Lancar Menulis

(9) Mulailah menulis tanpa mikir apapun, biarkan jika hasilnya masih jelek, berantakan, ngelantur, tak sesuai EYD dst. #Kiat Lancar Menulis

(10) Jangan berhenti sebelum SELURUH ide tertuang ke dlm tulisan. Jangan diedit sebelum selesai menulis. #Kiat Lancar Menulis

(11) Bila ada HAL APAPUN yg ganggu pikiran & bikin mandeg menulis, SEGERA SINGKIRKAN! Lanjut saja menulis spontan. #Kiat Lancar Menulis

(12) Menulis secara spontan, bebas, semau2 kita, inilah tahap I dlm menulis, alias tahap otak kanan. #Kiat Lancar Menulis

(13) Pada tahap I (otak kanan), wajar banget jika hasil tulisan masih jelek, berantakan, dst. Namanya juga DRAFT. #Kiat Lancar Menulis

(14) Setelah tahap I (draft atau otak kanan) selesai, barulah kita masuk ke tahap II, yakni menulis dgn otak kiri. #Kiat Lancar Menulis

(15) Pada tahap II inilah kita MEREVISI naskah: Diperbagus, sesuaikan dgn EYD, sesuaikan dgn kaidah yg berlaku, dst. #Kiat Lancar Menulis

(16) INTINYA: Tahap I menulis semau kita pake otak kanan. Tahap II merevisi naskah, dibuat lebih bagus, pakai otak kiri. #Kiat Lancar Menulis

(17) Itulah PRINSIP DASAR kiat menulis bebas. Inilah yg saya sebut OTAK KANAN DULU BARU OTAK KIRI. #Kiat Lancar Menulis

(18) Tak ada tulisan yg sekali tulis langsung bagus seperti yg dimuat di koran dst. Semua pasti ada draft 1, draft 2, dst #Kiat Lancar Menulis

(19) Kalo Anda mulai menulis & hasilnya jelek, wajar bgt. Namanya juga DRAFT. Masih bisa diperbaiki dlm tahap berikutnya. #Kiat Lancar Menulis

(20) Kiat menulis bebas bisa diterapkan utk SEMUA JENIS TULISAN TANPA KECUALI. #Kiat Lancar Menulis

(21) Tiap kali Anda mandeg (TULISAN JENIS APAPUN), writers' block dst, langsung terapkan KIAT MENULIS BEBAS. Gampang kan? #Kiat Lancar Menulis

(22) APAPUN yg terlintas di pikiran Anda, LANGSUNG TULIS DGN SPONTAN. Tak perlu mikir ini mikir itu dst. #Kiat Lancar Menulis

(23) Bahkan saat Anda bingung mau nulis apa, tulis saja, "Saya lagi bingung nih, mau nulis apa ya?" Gampang kan? #Kiat Lancar Menulis

(24) Oke, sekian dulu kultwit KIAT MENULIS BEBAS alias #Kiat Lancar Menulis. Moga bermanfaat, maaf bila ada yg salah or tak berkenan

Kiat Lancar Menulis

Kiat Lancar Menulis

Kiat Lancar Menulis

Kiat Lancar Menulis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar...

Cari Artikel dan Tulisan
review http://all-thewin.blogspot.com/ on alexa.com Science Blogs Page Rank blogging tips

Berlangganan Artikel

Masukkan Email anda untuk berlangganan artikel terbaru:

Mari Berteman