Selasa, 17 September 2013

Blogpreneur

Blogpreneur dewasa ini menjadi semakin populer. Perkembangan dunia digital membuat blog (saat ini juga diperkenalkan vlog -video blog) mejadi semakin digandrungi oleh penggerak industri kreatif tanah air.

Kreatif! itulah kata yang selalu mengawali setiap perubahan - perubahan yang terjadi dibelahan dunia manapun, sejarah mencatat bahwa penemuan - penemuan besar yang terjadi selalu diawali oleh kreatifitas sang penemu. Einstein, Bethoven, Leonardo Da Vinci merupakan sedikit dari mereka yang out of the box dalam berfikir dan berkarya.

Kaum muda adalah mereka yang mampu memimpikan sesuatu yang tidak dimimpikan oleh siapapun
(Jhon F Kennedy)


Blogpreneur
Blogpreneur wanna be



Sekarang, Indonesia mulai menyadari dan bergerak ke arah pengembangan - pengembangan kreatifitas, pemuda - pemuda Indonesia sudah banyak yang memilih menciptakan lapangan pekerjaan (Enterpreneur) sebagai cita - cita. Lalu mulai bermunculan banyak istilah baru yang mengikuti arus perubahan itu, mulai dari Technopreneur dan sebagainya.

Kalaulah istilah - istilah itu dapat diartikan sebagai suatu bentuk usaha kreatif yang dikembangkan yang bernilai ekonomis maka dapatlah juga kita setidaknya pengguna internet yang "suka" menulis blog entah dapat disebut dengan istilah "blogger" atau tidak, dapat membuat istilah baru yaitu "blogpreneur".

Karena dari kegiatan blogging entah kita sadari atau tidak dapat menghasilkan nilai jual (monitezing) jika kita lakukan dengan serius. Begitu banyak cara - cara mendapatkan penghasilan (tambahan) melalui blog. Setidaknya disini ada beberapa hal yang dapat dicoba bagi kita yang pada awalnya membuat blog untuk sekedar hobby.

1. Online Bussiness Blogpreneur


Blog dapat dijadikan sebagai toko yang dapat menjual berbagai macam barang dagangan yang kita punya, meskipun sekarang tanpa blog kita dapat menawarkan barang dagangan kita melului situs - situs jual beli seperti Berniaga, Toko bagus, FJB kaskus, dan sebagainya.

Namun jika kita mempunyai blog khusus untuk menjual barang dagangan kita, maka cenderung pembeli lebih akan mempercayai jenis online shop yang seperti ini.

Para blogpreneur dewasa ini banyak menawarkan produknya melalui media blog karena pengguna internet yang meningka tajam.

Hal itu tentunya membuat peluang kita sebagai produsen produk baik barang ataupun jasa dapat memanfaatkan keuntungan ini untuk mempromosikan serta menjual produk barang maupun jasa yang kita hasilkan.

2. Penawaran jasa - Blogpreneur


Hampir sama bentuknya dengan Online Bussinees, namun disini yang dijual adalah jasa, bagi anda yang pandai menjahit bisa tawarkan hasil buatan anda, bagi anda yang pandai dalam reparasi barang elektronik, membuat website, dan banyak lagi jenis keahlian lainnya dapat mempromosikan keahlian yang anda punya karena tidak menutup kemungkinan banyak orang - orang di luar sana yang membutuhkan bantuan dari keahlian yang anda punya.

Blogpreneur dapat memanfaatkan media blog sebagai media promosi jasa yang ia tawarkan. Baik jasa teknikal maupun jasa lainnya semisal keuangan serta kesehatan.

Banyak analisis keuangan yang memanfaatkan media online untuk menawarkan jasa mereka dibidang investasi saham dan lain sebagainya

3. Advertising - Blogpreneur


Dunia Advertising sekarang bukan hanya didominasi oleh media cetak atau televisi lagi tapi juga dari media online, pernahkah temen - temen bayangkan darimana Kaskus, Berniaga, Toko bagus, dll memperoleh keuntungan . Ya jawabnya melalui dunia advertising. Coba temen - temen buka situs - situs tersebut dan perhatikan berapa banyak iklan yang tayang disitus tersebut.

Kalau kita sering berkunjung ke situs-situs streaming film atau judi online, banyak iklan - iklan yang bertebaran di situs tersebut. Bahkan sampai mengganggu kita sebagai pengunjung.

Saya tidak mengatakan penempatan iklan yang seabrek itu benar, tidak. Tentunya kita juga harus profesional. Kenyamanan pengunjung tentunya harus dijaga dengan mengutamakan kualitas konten yang kita tawarkan.

4. Google Adsense - Blogpreneur


Sebenarnya point nomor 4 ini merupakan bagian dari point nomor 3 yaitu advertising, namun saya ingin membahas google adsense secara khsusus. google adsense merupakan salah satu layanan yang disediakan google khsusus untuk dunia advertising.

Sehingga setiap jenis iklan yang ingin tampil akan diatur penanyangannya oleh google, nah google akan menseleksi setiap website dan blog yang memang mempunyai hubungan / relevansi dengan iklan tersebut. lalu google akan membagi keuntungan yang  google peroleh dari pengiklanan tersebut.

Misalnya blog anda memuat khusus tempat - tempat wisata yang ada di Indonesia maka google akan menayangkan iklan yang berkaitan dengan dunia kepariwisataan seperti informasi hotel / penginapan dan sebagainya, menarik bukan! Namun sebelumnya, blog anda harus mendaftar dulu program google adsense (dan blog yang mendaftar diseleksi dulu oleh google apakah layak diterima atau tidak).

Penulis sendiri menggunakan google adsense sebagai alat monitezing di niche blog yang penulis kelola: Belajar listrik.

5.  Blog Competition - Blogpreneur


Salah satu cara lain untuk memperoleh keuntungan melalui blog adalah mengikuti blog competition. Dimana berbagai macam lomba mulai dari menulis, SEO (search Engine optimization) sampai dengan resensi buku sangat sering diadakan. Bagi temen - temen yang mempunyai hobby, keahlian dan minat dibidang itu kenapa tidak dikembangkan dengan mengikuti blog competition.

Blogpreneur
Blogpreneur

Kegiatan menulis di blog yang awalnya sebatas hobby ternyata dapat juga menghasilkan tambahan rezeki, yang halal tentunya. Be Creative and Creatiave Wanna be and be a Blogpreneur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar...