Selasa, 17 September 2013

Blogpreneur

Kaum muda adalah mereka yang mampu memimpikan sesuatu yang tidak dimimpikan oleh siapapun
(Jhon F Kennedy)

Kreatif! itulah kata yang selalu mengawali setiap perubahan - perubahan yang terjadi dibelahan dunia manapun, sejarah mencatat bahwa penemuan - penemuan besar yang terjadi selalu diawali oleh kreatifitas sang penemu. Einstein, Bethoven, Leonardo Da Vinci merupakan sedikit dari mereka yang out of the box dalam berfikir dan berkarya.





Sekarang, Indonesia mulai menyadari dan bergerak ke arah pengembangan - pengembangan kreatifitas, pemuda - pemuda Indonesia sudah banyak yang memilih menciptakan lapangan pekerjaan (Enterpreneur) sebagai cita - cita. Lalu mulai bermunculan banyak istilah baru yang mengikuti arus perubahan itu, mulai dari Technopreneur dan sebagainya.

Kalaulah istilah - istilah itu dapat diartikan sebagai suatu bentuk usaha kreatif yang dikembangkan yang bernilai ekonomis maka dapatlah juga kita setidaknya pengguna internet yang "suka" menulis blog entah dapat disebut dengan istilah "blogger" atau tidak, dapat membuat istilah baru yaitu "blogpreneur".

Karena dari kegiatan blogging entah kita sadari atau tidak dapat menghasilkan nilai jual (monitezing) jika kita lakukan dengan serius. Begitu banyak cara - cara mendapatkan penghasilan (tambahan) melalui blog. Setidaknya disini ada beberapa hal yang dapat dicoba bagi kita yang pada awalnya membuat blog untuk sekedar hobby.

1. Online Bussiness

Blog dapat dijadikan sebagai toko yang dapat menjual berbagai macam barang dagangan yang kita punya, meskipun sekarang tanpa blog kita dapat menawarkan barang dagangan kita melului situs - situs jual beli seperti Berniaga, Toko bagus, FJB kaskus, dan sebagainya. Namun jika kita mempunyai blog khusus untuk menjual barang dagangan kita, maka cenderung pembeli lebih akan mempercayai jenis online shop yang seperti ini.





2. Penawaran jasa

Hampir sama bentuknya dengan Online Bussinees, namun disini yang dijual adalah jasa, bagi anda yang pandai menjahit bisa tawarkan hasil buatan anda, bagi anda yang pandai dalam reparasi barang elektronik, membuat website, dan banyak lagi jenis keahlian lainnya dapat mempromosikan keahlian yang anda punya karena tidak menutup kemungkinan banyak orang - orang di luar sana yang membutuhkan bantuan dari keahlian yang anda punya.

3. Advertising

Dunia Advertising sekarang bukan hanya didominasi oleh media cetak atau televisi lagi tapi juga dari media online, pernahkah temen - temen bayangkan darimana Kaskus, Berniaga, Toko bagus, dll memperoleh keuntungan . Ya jawabnya melalui dunia advertising. Coba temen - temen buka situs - situs tersebut dan perhatikan berapa banyak iklan yang tayang disitus tersebut.

4. Google Adsense

Sebenarnya point nomor 4 ini merupakan bagian dari point nomor 3 yaitu advertising, namun saya ingin membahas google adsense secara khsusus. google adsense merupakan salah satu layanan yang disediakan google khsusus untuk dunia advertising, sehingga setiap jenis iklan yang ingin tampil akan diatur penanyangannya oleh google, nah google akan menseleksi setiap website dan blog yang memang mempunyai hubungan / relevansi dengan iklan tersebut. lalu google akan membagi keuntungan yang  google peroleh dari pengiklanan tersebut.

Misalnya blog anda memuat khusus tempat - tempat wisata yang ada di Indonesia maka google akan menayangkan iklan yang berkaitan dengan dunia kepariwisataan seperti informasi hotel / penginapan dan sebagainya, menarik bukan! Namun sebelumnya, blog anda harus mendaftar dulu program google adsense (dan blog yang mendaftar diseleksi dulu oleh google apakah layak diterima atau tidak).

5.  Blog Competition

Salah satu cara lain untuk memperoleh keuntungan melalui blog adalah mengikuti blog competition. Dimana berbagai macam lomba mulai dari menulis, SEO (search Engine optimization) sampai dengan resensi buku sangat sering diadakan. Bagi temen - temen yang mempunyai hobby, keahlian dan minat dibidang itu kenapa tidak dikembangkan dengan mengikuti blog competition.


Kegiatan menulis di blog yang awalnya sebatas hobby ternyata dapat juga menghasilkan tambahan rezeki, yang halal tentunya. Be Creative and Creatiave Wanna be!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar...

Cari Artikel dan Tulisan
review http://all-thewin.blogspot.com/ on alexa.com Science Blogs Page Rank blogging tips

Berlangganan Artikel

Masukkan Email anda untuk berlangganan artikel terbaru:

Mari Berteman