Senin, 21 Maret 2011

Mengendalikan Arah Putaran Motor dengan Relay

Arah putaran motor DC dapat diatur dengan mengatur polaritas yang diberikan pada motor tersebut, apabila kita mengingin kan putaran yang searah jam (clock wise) ataupun berlawanan arah jarum jam  (counter clock wise) kita tinggal mengatur kutub mana yang akan mendapat tegangan positif (+) serta kutub mana yang akan mendapat tegangan negaatif(-).
gambar 1. Putaran searah jarum jam
gambar 2. Putaran berlawanan arah jarum jam

Dalam dunia kontrol pengaturan arah putaran ini sangat diperlukan dalam berbagai aplikasi, misalnya dalam robotika baik pembuatan mobile robot ataupun lengan robot, pengaturan arah putaran motor ini merupakan salah hal yang terpenting, pun dalam skala industri, misalnya mengatur putaran konveyor dan lain sebagaimya.

Untuk pengendalian dengan kontroler jenis mikrokontroler kita dimudahkan dengan adanya driver motor L293 ataupun L298 dan juga keluaran dari mikrokontroler itu dapat berupa tegangan positif (High Logic) ataupun 0v (Low logic).

Namun bagaimana ketika kita ingin menggunakan kontroler jenis PLC (programable Logic Control), karena pada dasarnya keluaran PLC itu tidak dapat kita ubah polaritasnya misalnya data keluaran 1, jika kita set 0 maka data keluaran 1 ini tidak dapat dijadikan sebagai com(-) yang dihubungkan ke salah satu kutub motor. serta com pada PLC biasanya memiliki jalur tersendiri.

Untuk mengatasi masalah ini, kita dapat mempergunakan relay, silahkan baca prinsip kerja relay.  lalu buat rangkain berikut
gambar 3. Driver motor dengan relay

Dengan wiring relay yang sederhana dapat mengatur arah putaran motor yang kendali utama nya tetap kita menggunakan programable logic control (PLC).

selamat berkreasi dan mencoba...

Keyword: Aplikasi relay, driver motor, driver motor dengan relay, pengendalian motor

2 komentar:

  1. mas klo rangkaian motor dc untuk menggerakan pintu otomatis gmana tapi menggunakan mikro bs2p..? mohon bantuannya,..

    BalasHapus
  2. Itu relaynya tipenya apa????? Mohon balasannya

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar...