Jumat, 16 Desember 2011

Belajar Robotika >> Tim Osaka University Membuat Robot Untuk Misi SAR

     Tidak ada habisnya kabar mengenai robot-robot yang diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia, mulai dari robot “burung unta” atau robot pelayan di Jepang, semuanya menunjukkan kemampuan manusia untuk membuat sesuatu yang mumpuni, dan kali ini, dari Osaka, Jepang, ada lagi robot yang ditugaskan untuk misi SAR (Search and Rescue). Dengan dibuat oleh sekelompok peneliti yang berbasis di Osaka University, Jepang, robot ini diklaim terinspirasi observasi tim terhadap hewan di alam liar, dengan meminjam struktur tubuh dari hewan yang berbeda, tim peneliti membuat sebuah robot yang sangat berguna bagi manusia nantinya.



   Dikembangkan khusus untuk misi SAR, robot dengan bentuk mirip laba-laba ini bersifat omnidirectional (bisa ke segala arah) dan memiliki 2 sisi, maksudnya jika anda menaruh “terbalik”, maka dia akan menyesuaikan dirinya dan tetap melanjutkan misinya. Robot ini juga memiliki kemampuan merapatkan kakinya, sehingga bisa muat untuk masuk ke tempat yang sempit dengan menggunakan roda kecil yang dipasang di tapak kakinya. Karena adanya gempa bumi baru-baru ini di Jepang, maka robot ini mudah untuk mengantarkan bantuan kepada korban.
Peluang terhadap penggunaan robot ini amat banyak, contoh, bisa untuk menjinakkan bom secara jarak jauh, sehingga meminimalisir kemungkinan korban manusia yang bertindak sebagai penjinak bom, berperan sebagai kamera untuk di tempat yang sulit dijangkau juga bisa, dan lainya.
Belum ada kabar kapan robot buatan tim Osaka University ini akan selesai dan siap dipasarkan, tapi kemungkinan dalam waktu dekat ini, lihat video dibawah untuk melihat robot ini beraksi:

lihat videonya

Sumber:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12005040

1 komentar:

  1. Mudah-mudahan robot ini dapat membantu peradaban manusia untuk kebaikan disegala hal.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar...