Jumat, 01 April 2011

Simulasi Program Mikrokontroler dengan BASCOM AVR

Belajar Mikrokontroler adalah salah satu hal yang mengasyikkan, buat para hobies elektronika mungkin sudah begitu sering berinteraksi dengan salah satu IC yang dapat di program satu ini, salah satu software yang dapat digunakan dalam mempelajari mikrokontroler ini adalah BASCOM (Basic Compiler), baik versi yang dahulu, BASCOM 8051 atau yang terbaru BASCOM AVR.

Salah satu keunggulan dari software  yang satu ini adalah telah dilengkapi dengan fitur simulasi, sehingga memudahkan programmer dalam melakukan trial and error pada program. berikut tampilan simulasi dari BASCOM AVR.


Gambar 1. Menu Simulasi pada BASCOM AVR


BASCOM sesuai dengan namanya adalah program berbasiskan bahasa BASIC sebagai dasarnya, sehingga bagi teman-teman yang sudah terbiasa dengan bahasa BASIC ataupun dengan aplikasi pemrograman sejenis visual basic akan sangat mudah dalam memahami BASCOM AVR ini. Baca juga artikel berikut kontrol program dengan BASCOM AVR.

Untuk melakukan simulasi pada BASCOM ini, terlebih dahulu buat program yang akan di simulasikan lalu compile program tersebut dengan menekan F7 lalu klik simulate program atau tekan tombol F2, setelah itu akan muncul layar simulasi klik tombol berikut untuk memunculkan visualisasi, lalu tekan play,

Gambar 2. Tampilan Simulasi pada BASCOM AVR

Menu simulasi pada bascom ini sudah dilengkapi dengan LCD, sign output  dan input, input keypad, Channel ADC serta seven segment juga dilengkapi transmit/receive komunikasi serial, dll.

Trik dalam melakukan simulasi pada bascom tambahkan $sim pada program anda agar lancar dalam menjalankan simulasi..


semoga bermanfaat..

3 komentar:

  1. thx buat sharingnya...., tapi tolong donk link buat softwarenya disertakan juga...

    BalasHapus
  2. mas, kalo saya langsung copy paste program baskom dari blog orang trus saya compile n simulate kok ga bsa ya,

    dia bilang "obj or dbg file not found"
    kenapa tuh?

    BalasHapus
  3. mksh bagi tipsnya.. $sim di deklarasikan dmna y.. trims..

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar...