Selasa, 14 Juni 2011

LdMikro | Solusi Belajar Mikrokontroler dengan Ladder PLC atau Belajar PLC dengan Mikrokontroler

LdMikro, Program yang dikembangkan oleh Jonathan W dapat menjadi solusi baru bagi penggiat ataupun pembelajar di dunia kontrol ataupun otomasi, bisa dibilang terdapat dualisme positif mempelajari program ini, pertama dapat menjadi pengembangan dalam mepelajari mikrokontroler dengan metode program Ladder pada PLC atau juga dapat menjadi metode mempelajari PLC dengan Mikrokontroler (sebagai Hardware nya).

Program ini dapat di download disini.

Cara penggunaan program ini pun sama dengan memprogram Ladder diagram PLC, sama dengan CodeSys pada Wago, Syswin pada Omron, AB,dll. software ini juga dilengkapi dengan proses simulasi sehingga memudahkan kita untuk melakukan check error program yang telah kita buat. program yang telah dibuat dalam bentuk ladder dengan LdMikro ini ketika di compile juga menghasilkan file (*hex) yang nantinya kita gunakan untuk mendownloadkan ke mikrokontroler atau mensimulasikan dengan program tambahan semisal simulasidengan RealPicSimulator atau dengan Proteus.

 Gambar Screenshot Program LdMikro

Daftar Mikrokontroler yang telah Support untuk Program LdMikro

Porgram Ladder LdMikro ini bukan hanya dapat mengolah data digital (high and low logic) tetapi juga data analog karena sebagaimana kita ketahui mikrokontroler keluaran ATMEL atau Mikrochip (PIC) biasanya sudah memiliki ADC (analog to Digital Converter) Internal, ADC ini pun dapat diolah dengan program Ladder pada LdMikro ini, tentunya dapat megasah logika kita dalam memprogram dengan menggunakan Ladder Diagram, Sekian dulu tulisan saya kali ini, untuk contoh program nanti saya tulis di lain kesempatan..

Semoga Bermanfaat...


Baca Juga:

4 komentar:

  1. numpang nanya gan....bagaimana cara membuat ladder diagram jika in1 berlogika 1 maka out1 hidup selama 1 detik dan mati selama 2 detik.proses tersebut berulang2 sampai 3x proses?????
    mohon pencerahannya gan......terima kasih?????

    BalasHapus
  2. Salam kenal,

    Bagus blog nya, banyak informasi berharga.
    Di artikel ini ada disebut software CoDeSys.
    Saya pake software itu untuk membuat PC atau laptop menjadi PLC.
    Datanglah ke www.komputerkendali.wordpress.com

    Budi

    BalasHapus
  3. thanks mas tutorialnya, keren

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar...